Menari tidak hanya terasa menyenangkan. Penelitian baru menunjukkan bahwa menari juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Tinjauan sistemik, yang diterbitkan di jurnal ilmiah PLOS One, mengulas 10 penelitian tentang efek intervensi tari terhadap komposisi tubuh pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Dibandingkan dengan gaya hidup rata-rata, menari terbukti berkontribusi terhadap peningkatan yang berarti pada massa tubuh, BMI, lingkar pinggang, persentase lemak, dan massa lemak.

Para peneliti menyimpulkan bahwa Karena efisiensinya yang tinggi dan rasa kenikmatan yang lebih besar, menari dapat menjadi intervensi olahraga yang bermanfaat untuk menghilangkan lemak.

Bagaimana menari membantu menghilangkan lemak

Paige Verity Davis, pelatih pribadi dan pendiri The Fun Fitness Coach, mengatakan temuan ini merupakan pengingat akan dampak positif aktivitas fisik terhadap pengelolaan berat badan dan komposisi tubuh.

“Studi ini pada dasarnya menegaskan apa yang telah kita ketahui bahwa menari sangat bagus untuk mengatur berat badan, dan diharapkan terjadi peningkatan pada BMI, lingkar pinggang, dan massa lemak,” jelasnya.

Ada beberapa alasan mengapa menari merupakan alat penurunan berat badan yang efektif. Pertama dan terpenting, seperti semua bentuk aktivitas fisik, olahraga membakar kalori.

“Rutinitas tarian aerobik berkontribusi terhadap pengeluaran kalori, menciptakan keseimbangan energi negatif yang kondusif untuk penurunan berat badan,” jelas Davis. “Terlebih lagi, sifat dinamis dari tarian berarti melibatkan berbagai kelompok otot, mendorong perkembangan otot.”

Ini adalah kabar baik bagi siapa pun yang ingin menurunkan berat badan secara berkelanjutan, karena otot adalah jaringan yang aktif secara metabolik. Massa otot yang lebih tinggi berarti tubuh Anda membakar lebih banyak kalori setiap hari, bahkan saat istirahat.

Davis mengatakan kenikmatan dan aspek sosial dari menari dapat meningkatkan kepatuhan Anda terhadap aktivitas fisik.

Dia mengatakan Anda cenderung akan terus melakukannya dan, pada gilirannya, mengalami penurunan berat badan yang berkelanjutan karena Anda menikmatinya.

Seberapa intens Anda perlu menari untuk mendorong penurunan berat badan?

Seperti Davis, pelatih kebugaran Adam Harris mengatakan menari melibatkan kombinasi latihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan fleksibilitas, menjadikannya sumber olahraga yang dapat dinikmati siapa saja.

“Gerakan dinamis dan berirama yang terlibat dalam tarian menyebabkan detak jantung meningkat, meningkatkan pengeluaran kalori dalam tubuh dan membantu menghilangkan lemak,” jelasnya.

Terlebih lagi, gerakan terus menerus selama sesi dansa meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda, mendorong pembakaran kalori bahkan setelah sesi dansa selesai.

Jadi, seberapa keras Anda harus menari untuk melihat hasilnya?

Agar tarian dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk menurunkan berat badan, Harris mengatakan Anda harus menargetkan tingkat intensitas sedang hingga tinggi selama sesi Anda.

“Hal ini biasanya melibatkan peningkatan detak jantung, berkeringat, dan sesak napas, namun tidak sampai kehabisan napas,” jelasnya.

Cara yang baik untuk mengukur intensitas selama berolahraga adalah dengan menggunakan tes bicara.
“Jika Anda dapat berbicara dengan nyaman tetapi tidak bernyanyi selama rutinitas menari, kemungkinan besar Anda menari dengan intensitas sedang dan bekerja cukup keras untuk mendorong penurunan berat badan,” kata Harris.

Meskipun menari tampaknya merupakan alat yang hebat untuk membantu menurunkan berat badan, menari saja tidak akan cukup bagi kebanyakan orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Umumnya, Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian pada pola makan dan juga memperhatikan konsumsi kalori Anda secara keseluruhan.

“Menari akan paling efektif untuk menurunkan berat badan jika disertai dengan pola makan seimbang dan defisit kalori,” kata Davis.

“Meskipun menari membakar kalori, perubahan pola makan berperan penting, memastikan keseimbangan energi tubuh Anda diatur,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk mencapai penurunan berat badan, Anda harus membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Hal ini tidak berarti mengurangi kalori secara drastis atau membatasi makanan tertentu, namun mengambil pendekatan yang berkelanjutan.

“Berfokus pada makanan padat nutrisi, pengendalian porsi, dan menjaga defisit kalori yang berkelanjutan akan semakin mendukung Anda dalam mengubah BMI dan komposisi tubuh,” jelasnya.

Sama seperti Anda mungkin menemukan rencana olahraga yang menyenangkan dan berkelanjutan dalam menari, Anda juga dapat menemukan cara makan yang menyenangkan dan berkelanjutan.

Bagaimana cara mulai menari untuk menurunkan berat badan

Jadi, jika Anda sedang menjalankan misi menurunkan berat badan dan memutuskan bahwa menari adalah olahraga yang cocok untuk Anda, bagaimana cara memulainya?

Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah memilih gaya menari yang benar-benar membuat Anda ingin menari.

“Meskipun gaya tarian yang berbeda memberikan manfaat yang berbeda, penekanannya harus pada kesenangan,” kata Davis.

“Gaya berenergi tinggi seperti Clubbercise dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, sementara gaya yang lebih terkontrol seperti balet dapat berkontribusi pada pembentukan otot. Namun cara terbaik untuk memulai adalah menemukan apa yang membuat Anda bahagia dan menciptakan keterlibatan yang berkelanjutan.”

Setelah Anda menemukan gaya yang Anda sukai, Davis merekomendasikan untuk memulai dengan sesi yang lebih pendek dan melanjutkan ke sesi yang lebih panjang. Anda sebaiknya melakukan sesi pemanasan dan pendinginan setiap saat, dan penting juga untuk tetap terhidrasi.

“Berhati-hatilah untuk tidak terlalu memaksakan diri, karena dapat menyebabkan cedera,” tambah Davis.
Terakhir, Harris mengatakan Anda harus ingat bahwa istirahat adalah bagian dari proses.

“Pastikan Anda memberikan waktu yang cukup bagi tubuh Anda untuk pulih dengan memasukkan hari istirahat di antara sesi dansa, karena ini akan mengurangi risiko kelelahan dan cedera,” katanya.

Sumber foto: Silvio Barbosa / Pexels.com

Baca Juga: