Magdalena Asmara, seorang mahasiswa dari Kota Solo yang merupakan anak buruh bangunan, sukses meraih predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,98 dari Universitas Sebelas Maret (UNS).

Magda, begitu ia akrab dipanggil, mengukir prestasi gemilangnya ini dalam bidang Ekonomi Pembangunan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS

Magda bercerita mengenai perjalanan kisahnya saat menjadi mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UNS.

“Bapak saya buruh bangunan, saat itu beliau sedang bekerja di kawasan UNS. Bapak pas melihat Gedung FEB memiliki keinginan kalau anaknya kelak dapat kuliah di gedung tersebut. Akhirnya Tuhan menjawab doa tersebut, saya diterima pada Prodi Ekonomi Pembangunan FEB melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan mendapatkan beasiswa KIP K. Lalu saya mengikuti wisuda pada 24 Februari kemarin,” ungkap Magda dengan rasa syukur.

Ia memulai studinya pada tahun 2020 dan berhasil menyelesaikannya dalam waktu 3 tahun 6 bulan. Meskipun menghadapi keterbatasan ekonomi, Magda menyatakan rasa syukurnya terhadap teman-teman yang membantunya.

“Saya bersyukur memiliki teman-teman yang baik. Pada waktu itu saya tidak memiliki laptop, teman-teman rela untuk meminjami hingga saya bisa beli laptop sendiri,” kenangnya.

Selama masa perkuliahan, Magda aktif berorganisasi, bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) pada Prodi Ekonomi Pembangunan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB, Semar Preneur, dan juga terlibat dalam Helpdesk FEB UNS.

Pada semester 6, Magda mengikuti Program Kampus Merdeka Bank Indonesia (KMBI) Batch 6. Pada semester 7, ia menyadari semakin bertambahnya usia orang tuanya, dan satu keinginan dari sang ayah adalah melihat Magda lulus sebagai sarjana.

“Tuhan tidak main-main, Tuhan genapi semua bahkan lebih indah dari apa yang aku minta. Walaupun banyak keterbatasan yang mungkin bisa menghambat, tapi aku yakin dan percaya aku punya Tuhan yang hebat. Dia yang selalu melihat indah hidupku, lebih dari apa yang aku doakan,” tambah Magda.

Meskipun kondisi ekonomi keluarganya sempat menjadi tantangan, Magda membuktikan bahwa itu tidak menghalangi dirinya untuk mencapai impiannya dan memperoleh gelar sarjana.

Pada tanggal 1 Maret, Magda akan memulai karirnya di Bank Indonesia (BI), mengukir perjalanan baru setelah berhasil menyelesaikan pendidikan tingginya dengan prestasi gemilang.

Sumber foto: uns.ac.id

Baca Juga: