Postingan ini menjadi foto ke-2 yang paling banyak dikomentari di Instagram (dok. @Jokowi)

Penelitian dan statistik terkini menunjukkan Instagram telah menjadi salah satu sarana diplomasi yang efektif. Alhasil, jejaring media sosial yang sangat visual ini berhasil menggaet para pemimpin dunia, pihak pemerintah, dan kementerian luar negeri di penjuru bumi. Badan komunikasi global BCW telah menemukan sebanyak 426 akun Instagram milik para pemimpin dunia dan kementerian luar negeri dengan total 98.297.274 pengikut dan 98.372 postingan pada tahun akhir tahun lalu. Dari akun-akun tersebut, 168 di antaranya telah diverifikasi oleh Instagram dan dibubuhi tanda verifikasi (contreng) biru.

Selain foto, Instagram Stories merupakan fitur yang kerap digunakan oleh akun pemerintah dan pemimpinan dunia untuk berbagi kisah di balik layar. Setidaknya sepertiga dari 426 akun para pemimpin dan pemerintah dunia tercatat menggunakan fitur tersebut. Dalam fitur yang mirip dengan Snapchat tersebut, pengguna dapat menggabungkan foto dalam jumlah yang tak terbatas dan video berdurasi 15 detik ke dalam kisah mereka. Kisah tersebut biasanya akan hilang dari akun tersebut setelah tayang selama 24 jam.

Instagram Stories milik Presiden Argentina (dok. Mauricio Macri)

Instagram Stories membuat politisi merasa relatif aman karena tidak ada pihak-pihak yang dapat mengomentari postingan tersebut di depan umum sehingga melindungi politisi tersebut dari komentar negatif dan memojokkan yang tersebar luas sebagaimana tersedia di jejaring sosial media lainnya. Akun Britain’s Royal Family (@theroyalfamily), misalnya, telah menampilkan lebih dari 30 kisah.

Fitur tersebut juga telah digunakan untuk mencatat aktivitas keseharian para pemimpin dunia, beberapa di antaranya Presiden Argentina Mauricio Macri dan Presiden Chile Sebastian Piñera. Keduanya bahkan memiliki reporter media sosial yang selalu mengikuti mereka setiap hari dari pagi hingga sore, memposting foto dan video yang tak terhitung jumlahnya dari berbagai kegiatan yang dihadiri oleh kedua pemimpin tersebut. Komisi Eropa, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan pemerintah Austria bahkan menggunakan fitur Instagram Stories untuk melakukan tanya jawab dengan masyarakat.

Foto PM Modi bersama Virat Kohli dan Anushka Sharma paling digemari di Instagram (dok. @NarendraModi)

Selain digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan dan kerja kesehariannya, platform Instagram juga dimanfaatkan oleh para pemimpin dunia untuk berbagi momen pribadi dengan para pengikut Instagramnya.

Foto Perdana Menteri Narendra Modi dengan kapten kriket timnas India Virat Kohli yang baru menikah dengan aktris India Anushka Sharma menjadi yang paling disukai di antara foto-foto yang diposting oleh para pemimpin dunia. Foto tersebut mendapat like sebanyak 1.834.707.

Selfie pertama Kim Jong Un di dunia maya (dok. VivianBalakhrisnan)

Di antara foto pemimpin dunia yang paling banyak dikomentari di Instagram adalah foto Presiden Indonesia Joko Widodo yang ber-selfie di pertandingan sepak bola di mana timnya Jakmania mengalahkan Bali United 3-0. Foto tersebut berhasil mendapatkan 876.239 komentar oleh netizen.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan menulis sejarah baru ketika ia berfoto selfie dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat berkunjung ke lokasi wisata di Singapura menjelang KTT Trump-Kim. Berdasarkan dokumentasi pers, foto tersebut tampaknya merupakan selfie Kim Jong-un yang pertama kali di muka publik.

Pemimpinan Dunia dengan pengikut terbanyak di Instagram (dok. BCW)

Pemimpinan Dunia dengan interaksi terbanyak di Instagram (dok. BCW)