Jakarta, KabariNews.com – Setelah ramai pemberitaan mengenai isu klaim Tari Pendet asal Bali oleh Malaysia, yang digunakan dalam iklan kunjungan Visit Malaysian Year 2009 di Discovery Channel, akhirnya pihak Discovery Channel menarik iklan tersebut pada hari Senin (24/8).

“Pihak Discovery Channel telah menarik iklan kunjungan ke Malaysia tersebut atas inisiatifnya sendiri,” ujar Tjetjep Suparman, Dirjen Nilai Budaya, Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Seperti diberitakan sebelumnya, iklan kunjungan ke Malaysia yang telah memasukan Tari Pendet sebagai latar iklan tersebut sempat membuat emosi rakyat Indonesia.

Pembuatan iklan kunjungan ke Malaysia ini ternyata dibuat oleh pihak Discovery Channel.

Hingga kini, Pemerintah Malaysia tengah melakukan penyelidikan terkait masuknya Tari Pendet dalam iklan Visit Malaysian Year 2009 tersebut.

Sementara itu, kuasa usaha sementara Kedutaan Besar Malaysia, Amran Mohammad Zein, menuturkan, “hal ini merupakan kekeliruan dan kesalahpahaman. Saat ini masih dilakukan penyelidikan kasus tersebut, agar ditemukan solusi dari permasalahan yang ada, sehingga hubungan Indonesia-Malaysia tetap baik-baik saja,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia sendiri melalui Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, sebelumnya juga telah meminta penjelasan pemerintah Malaysia melalui Duta Besarnya untuk Indonesia mengenai kasus tersebut, serta meminta pihak Discovery Channel untuk meminta maaf dan menarik iklan tersebut.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33651

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :