Jakarta, KabariNews.com – Berdasarkan hasil perhitungan hisab Muhammadiyah, tanggal 1 Syawal 1430 Hijriah atau hari Lebaran 2009 jatuh pada tanggal 20 September.

Pernyataan tersebut berdasarkan maklumat yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Menanggapi pernyataan resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah tersebut, Menteri Agama Maftuh Basyuni menjelaskan, bahwa pemerintah juga memperkirakan bahwa Idul Fitri 2009 akan jatuh pada tanggal 20 September mendatang.

Pernyataan Menteri Agama ini yang tercantum dalam situs resmi Departemen Agama pada tanggal 14 September 2009.

Dalam keterangan tersebut, Maftuh Basyumi menambahkan kepastian hari raya Idul Fitri 1430 H akan disampaikan pemerintah setelah melakukan sidang itsbat pada hari Sabtu, 19 September pukul 16.30 WIB di Departemen Agama.

“Muhammadiyah sudah tahu, Lebaran tanggal 20 September. Pemerintah berharap sama, tanggal 20 juga. Kenapa? Diperkirakan akan sama karena dari data terakhir hilal sudah di atas ufuk,” kata Maftuh sebelum mengikuti sidang paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/9).

Hal yang bisa mengubah, menurut Maftuh, terjadinya mendung di sejumlah daerah yang menjadi patokan sehingga hilal tidak terlihat.

“Mudah-mudahan tidak ada hujan atau mendung sehingga Lebaran kita bisa sama-sama. Pemantauan kami nanti diperkuat dengan peralatan canggih dari Boscha dan LIPI,” ujarnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33773

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :