Pemadaman massal akan dilakukan selama satu jam antara pukul 20.30 sampai dengan 21.30, hari Sabtu tanggal 28 Maret 2009.

Gubernur DKI Fauzi Bowo menyatakan dukungan terhadap aksi Global Earth Hour yang selama ini telah diikuti oleh ratusan kota di dunia. Menurut Fauzi, “ Pemadaman selama 1 jam itu dapat memberikan daya listriknya bagi sekitar 900 desa di seluruh Indonesia.” ujarnya di sela-sela kunjungan ke masyarakat Johar Baru, Jakarta Pusat, hari ini (20/03).

Aksi Global Earth Hour tahun lalu diikuti oleh hampir 50 juta orang di dunia. Dan tahun ini Jakarta berkomitmen untuk mendukungnya. Apalagi DKI Jakarta termasuk anggota Climate Leadership Group bersama 40 negara lain dan telah menandatangani Agreement to Partner on Climate Action bersama enam negara.

Aksi ini melibatkan hampir seluruh instansi pemerintahan DKI kecuali fasilitas layanan kesehatan dan rumah sakit. Sementara beberapa perusahaan swasta terutama yang memiliki gedung sendiri juga menyatakan dukungannya.

Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain, Citibank, Coca-Cola Indonesia, Garuda Indonesia, Grand Indonesia, HSBC, Nestle Indonesia, Sharp, Standard Chartered Bank, Yayasan Sampoerna Foundation, Panasonic, dan Polygon Cycle.

Aksi Global Hour Earth Hour sendiri telah berlangsung tahun 2007 dan dimulai di kota Sydney, Australia. Ketika itu hampir 2,2 juta rumah dan bisnis memadamkan lampu untuk memberikan kesempatan kepada bumi ‘beristirahat’ setelah ‘bekerja’ selama 365 hari.

Selain itu, aksi pemadaman ini juga bertujuan untuk merestitusi energi kepada daerah yang selama ini kekurangan energi seperti daerah pedesaan.

Tahun 2008 aksi ini terus mendapat sambutan dari berbagai masyarakat dunia. Bahkan pada tahun 2008 diperkirakan sekitar 50 juta orang mengikuti aksi ini.

Saat itulah pertama kalinya dalam sejarah, ikon-ikon dunia seperti Golden Gate Bridge di San Francisco, Colosseum di Roma, Sydney Opera House sampai reklame besar Coca Cola di Times Square, New York berdiri dalam kegelapan.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?32815

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah