Program pemerintah Amerika dalam mengembangkan sumber energi yang ramah akan lingkungan terus bergulir. Selain itu, program peningkatan sumber air bersih juga terus digencarkan untuk negara-negara berkembang.

Seperti dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia yang diterima redaksi KabariNews.com, guna menjalakan programnya tersebut, pemerinta AS menggulirkan hibah untuk mendorong energi ramah lingkungan serta meningkatkan penyediaan air minum di Indonesia, berikut ini isi siaran pers tersebut:

Jakarta, 12 Agustus – Badan Otoritas Perdagangan dan Pembangunan AS (U.S. Trade and Development Authority — USTDA) memberikan hibah, secara terpisah, kepada PT Medco Downstream Indonesia (Medco) dan Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) sebagai penegasan dukungan Pemerintahan Presiden Obama untuk kemitraan komprehensif antara AS dan Indonesia. Dana hibah tersebut untuk mendorong diversifikasi energi, dan meningkatkan layanan penyediaan air minum di Indonesia. Dana hibah juga ditujukan untuk membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan AS yang terkait dengan pelaksanaan masing-masing proyek.

Pjs Direktur USTDA, Leocadia I. Zak, menandatangani pemberian hibah dalam acara terpisah yang diadakan di Jakarta. Presiden Direktur Medco, Djatnika S. Puradinata menandatangani atas nama Medco dan disaksikan oleh Wakil Duta Besar AS, Ted Osius. Sekretaris Jenderal PERPAMSI, Ir. H. Azhar Latif menandatangani atas nama PERPAMSI dan disaksikan oleh Pejabat Administratif Kedutaan Besar AS, Michael Mullins.

Hibah senilai 320.924 dolar AS kepada Medco ini akan digunakan untuk mendanai studi kelayakan untuk fasilitas produksi etanol berbahan baku sorgum (gandum) manis di Provinsi Papua, Indonesia. Fasilitas yang diusulkan ini akan menyediakan sumber energi yang penting untuk memenuhi permintaan akan bahan bakar transportasi yang terus meningkat di Indonesia dan memperbaiki infrastruktur seperti jalan raya, sistem irigasi, pembangkit tenaga, dan berbagai fasilitas publik lainnya.

“Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa sorgum adalah bahan yang ramah lingkungan, dan oleh karenanya USTDA mendukung pengembangan fasilitas produksi etanol yang menggunakan sorgum sebagai bahan bakunya,” ujar Pjs. Direktur Zak. “Dukungan USTDA bagi proyek ini akan mendorong ekspansi dan kemajuan dalam pengembangan industri bahan bakar hayati, yang pada gilirannya akan merangsang penggunaan energi bersih serta pertumbuhan lapangan kerja.”

Melalui hibah lainnya senilai 266.824 dolar AS kepada PERPAMSI, USTDA akan mendukung sebuah proyek percontohan di sebuah perusahaan air lokal untuk mendemonstrasikan kemampuan teknologi dalam meminimalkan pemborosan air seiring upaya Indonesia memperluas pasokan air minum bagi komunitas yang kurang mampu.

“Indonesia menjadikan penyediaan air bersih secara efisien sebagai prioritas,” kata Zak. “Bantuan ini akan mendorong Indonesia untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan memperluas area distribusi air minum agar dapat dinikmati oleh 78 juta pelanggan baru pada tahun 2015. Dengan bantuan penelitian yang dibiayai oleh USTDA, perusahaan-perusahaan air minum akan dapat mengurangi kerugian akibat kebocoran, kerusakan meteran, kekurangan di bidang penagihan pembayaran serta sambungan ilegal. Dengan demikian para perusahaan dapat menyediakan lebih banyak air minum kepada lebih banyak lagi pelanggan.”

USTDA bertugas untuk memajukan pembangunan ekonomi dan kepentingan komersial AS di negara-negara berkembang dan ekonomi menengah. Badan ini mendanai berbagai bantuan teknis, studi kelayakan, pelatihan, kunjungan-kunjungan serta seminar bisnis untuk mendukung pembangunan infrastruktur modern dan membuka lingkungan perdagangan yang lebih bebas dan adil. Dalam menjalankan misinya, USTDA memfokuskan diri pada sektor-sektor ekonomi yang dapat mendukung ekspor barang-barang dan jasa dari AS.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33573

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :