Perkembangan penyebaran virus flu babi (H1N1) yang sangat cepat  terus mengkhawatirkan seluruh negara.

Kekhawatiran berkembangnya antara virus flu babi dan virus flu burung menjadi virus yang lebih ganas, menjadi isu yang terus berkembang saat ini.

Menteri kesehatan Siti Fadilah Supari dalam keterangan pers nya di Gedung Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Selasa (28/4) mengatakan, “Virus H5N1 dan H1N1 untuk bertemu dan berkembang menjadi virus yang lebih ganas dapat terjadi, tapi membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan bisa membutuhkan waktu puluhan tahun,” ucapnya. 

Siti Fadilah Supari juga menambahkan, Bahwa Virus flu babi dan virus flu burung yang termasuk virus tipe A, tidak dapat secara langsung bergabung membentuk virus baru, “Proses alamiah bergabungnya kedua virus ini sangat membutuhkan waktu lama, kalau kedua virus ini dicampurkan di laboratorium, maka pembentukan virus flu baru secara
instant bisa terbentuk,” ujarnya.

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari juga mengatakan, bahwa virus flu babi (H1N1) tidak terlalu ganas dibandingkan dengan virus flu burung (H5N1).

Tingkat persentase kematian yang disebabkan virus H1N1 sekitar 6 persen, sedangkan virus H5N1 mencapai 80 persen.

Namun sampai saat ini, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari belum dapat memberikan jaminan, apakah Indonesia yang termasuk daerah tropis dapat terjangkit virus ini. Meksiko yang memiliki bagian daerah subtropis dan tropis saat ini telah menemukan lebih dari 1.450 kasus.

Namun Menkes Siti Fadilah Supari belum dapat memastikan, daerah bagian mana yang terjangkit di Meksiko.

Menkes menyarankan, agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam menanggapi penyakit tersebut. Masyarakat harus mewaspadai gejala virus influenza seperti demam, batuk, pilek, letih, lesu, sakit tenggorokan serta sesak napas yang disertai mual,muntah dan diare, gunakan masker agar tidak menyebar ke orang lain.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?32997

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket