Hampir semua pasangan menikah pasti mendambakan saat bulan madu, namun sayangnya tidak semua pasangan bisa mewujudkannya. Banyak alasan, kenapa pasangan menikah belum menggunakan waktu pribadi mereka, untuk berdua bersama pasangan menikmati keindahan alam ciptaanNya. Jadwal pekerjaan padat, biaya dan kemana tujuannya menjadi faktor dasar kenapa bulan madu masih belum terlaksana.

Mungkin belum sekarang, tapi bukan berarti tidak sama sekali. Sebelum melakukan perjalanan bulan madu, Anda bisa menyiapkannya terlebih dulu, mulai dari waktu (kapan?), biaya sampai kemana tujuannya. Memang agak remeh, tapi justru persiapan hal-hal kecil sangat bermanfaat. Ada kiat yang dapat membantu Anda menentukan tujuan dan pilihan untuk berbulan madu. Untuk mengurangi rasa ketidakpuasan, ada baiknya simak petunjuk berikut ini :

Kesepakatan berdua

Sejauh dan semenarik apapun, tujuan bulan madu yang Anda dambakan akan terasa sia-sia jika tidak ada kesepakatan dengan pasangan. Sebaiknya, pilih tempat yang romantis dan pemandangan indah seperti ke pulau, pantai atau jika memungkinkan ke daerah pegunungan.

Siapkan biaya

Bila tujuan sudah disepakati, sekarang tinggal menentukan biaya yang akan dikeluarkan untuk mencapai lokasi selama berada di sana. Masukkan juga biaya tak terduga , misalnya untuk beli cinderamata atau bahkan oleh-oleh untuk kerabat.

Pastikan fasilitas

Memastikan fasilitas tempat tujuan lengkap atau tidak, sangat diperlukan bagi Anda yang ingin berbulan madu. Sebaiknya, cari buku petunjuk mengenai bagaimana cara menuju tempat tujuan, hotel dan segala hal yang nantinya akan diperlukan di sana. Jangan lupa mengatur rencana kegiatan selama di lokasi bulan madu.

Pertimbangan lain

Bulan madu tak hanya diinginkan oleh pasangan yang baru saja menikah. Ada kalanya pasangan yang sudah menikah lama pun ingin berbulan madu, entah untuk pertama kalinya atau untuk kesekian kalinya. Jika Anda sudah memiliki anak, hal yang perlu dipertimbangkan adalah jarak. Pertimbangkan usia anak agar Anda juga dapat memperkirakan seberapa jauh perjalanan yang akan di tempuh. Jika anak masih terlalu kecil, ada baiknya memilih lokasi yang tidak terlalu jauh, supaya anak juga bisa menikmati perjalanan dan tidak capek dijalan.

Berminat berbulan madu di Indonesia? Ikuti beberapa petunjuk di bawah ini:

Pedesaan Ubud, Bali

Ubud,Bali terkenal sampai ke dunia. Malah, pembuatan film Eat, Pray and Love yang dibintangi artis Hollywood terkenal Julia Robert pun, Ubud di pilih sebagai salah satu desa yang sangat romantis. Keindahan alamnya yang asri dan damai menjadikan desa ini sebagai tempat tujuan untuk berbulan madu. Jika menginginkan bulan madu tenang dan romantis, desa Ubud,adalah salah satu jawabannya.

 

 

Kampung Sampiren, Garut, Jawa Barat

Suasananya masih pedesaan dan lokasinya di Jawa Barat. Kampung Sampiren, sangat cocok bagi Anda yang ingin berbulan madu dengan lingkungan yang sejuk. Resort ini dirancang dengan bangunan yang terbuat dari kayu dan bambu. Romantisnya lagi, Anda bisa memilih kamar di atas danau atau naik perahu ke tengah danau hanya berdua. Pemandangan yang disajikan tak kalah indah, Anda akan dipuaskan dengan alam sekitarnya yang masih hijau alami.

 

Yogyakarta

Tak hanya dijuluki sebagai ‘kota pelajar’, suasana di Yogyakarta pun banyak yang bilang cukup romantis. Udaranya sejuk, masyarakatnya ramah, dan masih menjunjung budaya Jawa yang kental. Kota ini bisa jadi tempat tujuan berbulan madu yang cocok bagi Anda yang suka bertualang, pasalnya banyak tempat bersejarah dan pasar murah yang bisa dikunjungi. Biaya hidup di kota ini pun relatif murah, jadi Anda pun bisa puas berbelanja sambil menikmati makanan khas kota gudeg ini.

 

Raja Ampat, Papua

Lokasinya memang sangat jauh, tapi dijamin Anda tidak akan menyesal jika sudah mengunjungi Raja Ampat di Papua. Di sini tidak hanya keindahan alam bawah lautnya saja yang terkenal, tapi pantai dan hamparannya cocok bagi Anda yang mendambakan suasana romantis. Sayangnya, karena terletak jauh di pedalaman, biaya untuk mencapainya cukup mahal, tapi semua akan sirna ketika Anda berhasil menyaksikan keindahan alam yang tiada duanya. (1001)