Menghabiskan waktu dengan mengunjungi pameran buku bersama keluarga cukup menyenangkan sekaligus mendidik. Orang tua bisa mengajarkan banyak hal sekaligus memberi teladan yang baik kepada putra- putri tercintanya. Namun, jangan salah pilih pameran. Jika salah pilih, bisa membuat putra-putri kita cepat bosan dan buru-buru mengajak pulang.

Pilih Pameran Lokal atau Internasional?

Pameran buku di Indonesia tidak terlalu sering dan tidak banyak juga penyelenggaranya. Penyelenggara terbesar untuk sebuah pameran buku biasanya dari IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia). Selain itu ada juga beberapa penerbit besar yang selalu mengadakan pameran sendiri. Biasanya untuk memperingati hari penting penerbit tersebut atau untuk promosi dan menghabiskan stok buku.

Pameran buku dari penerbit tertentu sebenarnya sangat menarik untuk mereka yang ingin membeli buku-buku terbitannya. Biasanya pada pameran ini, banyak buku yang dijual secara obral dengan harga yang sangat murah. Namun, jangan harap akan mendapatkan buku-buku terbaru karena biasanya yang dijual adalah buku-buku stok lama.

Untuk memburu buku-buku baru dengan potongan harga dari berbagai penerbit, kita harus mengunjungi pameran buku yang diselenggarakan IKAPI. Pameran ini ada yang berskala lokal, nasional bahkan internasional.

Pameran buku lokal yang cukup besar misalnya: Pesta Buku Jakarta, Pesta Buku Bandung, Pesta Buku Jogja, atau Pesta Buku Solo yang diselenggarakan setahun sekali. Sedangkan pameran buku besar berskala nasional yang diselenggarakan di Jakarta misalnya: Islamic Book Fair biasanya berlangsung di awal tahun. Perhelatan Indonesia Book Fair yang berskala intenasional berlangsung di penghujung tahun.

Wisata Keluarga di Pameran Buku

Setelah menentukan pameran apa yang akan dikunjungi, langkah berikutnya adalah melihat agenda acara. Pameran besar biasanya menyelenggarakan berbagai acara yang bisa diikuti oleh keluarga. Mulai dari kepentingan bisnis atau kesehatan untuk ayah, temu artis untuk remaja, pendidikan keluarga untuk bunda maupun acara-acara lomba untuk anak. Lomba untuk anak biasanya beragam, mulai dari mewarnai, mendongeng, menyanyi dan masih banyak lagi. Kita bisa memilih hari kunjungan sesuai acara-acara tersebut.

Di pameran buku berskala nasional, bisa dituruti perkembangan buku dan perpustakaan dari daerah atau negara lain. Perpustakaan dari lembaga tertentu pun kerap ikut memamerkan hasil karyanya. Selain itu berbagai perlengkapan sekolah, mainan anak, CD dan VCD edukatif pun tersedia lengkap.

Wisata Belanja Buku Murah

Buku jenis apa yang diperlukan keluarga saat ini? Ragam buku apapun yang dicari, bisa didapatkan di pameran besar karena banyaknya penerbit yang ikut serta. Semua ada, mulai dari buku referensi berupa ensiklopedia berbagai tema, buku-buku terbitan baru, buku penunjang pelajaran, atau sekadar buku cerita pelepas jenuh.

Jika ada buku tertentu yang ingin dicari namun tidak tersedia, ada solusi mudah. Datangi saja stand penerbit buku tersebut dan langsung bisa dipesan sepanjang stok buku itu masih ada.

Yang paling menyenangkan berwisata buku di pameran buku adalah, banyak buku berkualitas yang tidak bisa ditemui di toko buku. Semua penerbit berlomba-lomba untuk memajangkan buku-bukunya yang terbaik, selain aneka rupa hadiah, undian dan potongan harga untuk menarik para pengunjung dan pecinta buku. (1008)