Tidak terasa perayaan 15 tahun Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2 hari lagi dimulai. Sejumlah kolaborasi antar musisi telah dipersiapkan. Baik kolaborasi antar musisi Tanah Air maupun kolaborasi bersama musisi Internasional, semua dipersatukan di panggung BNI Java Jazz Festival 2019 yang sejalan dengan misi tahun ini yaitu “Music Unites Us All”. Selain adanya kolaborasi spesial, BNI Java Jazz Festival 2019 tentunya dapat menjadi ajang untuk memperluas cakrawala Java Jazz Goers dengan musik-musik jazz maupun turunannya yang tidak mudah ditemui di tempat lain.

“Perayaan 15 tahun yang telah ditunggu-tunggu semakin dekat,  booth-booth sponsor dan tenant F&Btelah dibangun, 11 panggung telah kami persiapkan dan artis-artis Internasional sudah mulai berdatangan. Kami berharap persiapan yang telah kami lakukan selama kurang lebih 5 bulan dapat memuaskan dan menghibur pengunjung yang datang ke Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019.” ujar Dewi Gontha, Direktur Utama Java Festival Production.

“Sebagai pendukung Java Jazz Festival selama 15 tahun terakhir ini, BNI telah mengukuhkan diri untuk secara konsisten menjaga perkembangan musik tanah air khususnya musik jazz. BNI juga turut memberikan andil dalam memperkenalkan musik dan musisi jazz Indonesia pada dunia internasional, serta memperkenalkan musik dan musisi jazz internasional kepada pecinta musik di tanah air. Dukungan 15 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk sebuah kerjasama antara BNI dengan Java Festival Production, dimana dalam 3 tahun terakhir ini BNI lebih serius lagi dengan mengukuhkan diri menjadi title sponsor menjadi ‘Jakarta International BNI Java Jazz festival 2019’. Ini adalah bukti nyata bahwa BNI konsisten mendukung perkembangan musik tanah air khususnya musik Jazz di dunia international. Jazz sangat erat dengan improvisasi dan improvisasi sangat erat dengan inovasi. Hal ini sangat sesuai dengan semangat agent of development dan spirit digitalisasi BNI. Be BNI Be Exponential, yang ingin memotivasi masyarakat Indonesia untuk membuat suatu loncatan dalam kehidupan. Khusus pada tahun 2019, ada 3 poin yang akan BNI hadirkan dalam Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019 ini, yaitu Pertama, Fasilitas dan layanan perbankan yang terbaru. Kedua, Program promo bagi nasabah BNI. Serta yang ketiga adalah berbagai artist populer yang akan ada di BNI Stage Hall D2.

Tahun ini semua pengunjung akan diberikan gelang TapCash yang akan berfungsi sebagai tiket akses masuk dan alat transaksi, dimana setelah event selesai gelang ini dapat digunakn sebagai alat pembayaran di convenient store, commuter line dan jalan tol.

Selain itu BNI juga akan menyediakan smart kiosk yang merupakan mesin elektronik pembukaan rekening secara self service. Sementara untuk memudahkan pengunjung membeli TapCash dan isi ulang, BNI juga mempersiapkan vending machine TapCash yang diletakkan di area BNI Java Jazz Festival tahun ini. Untuk nasabah BNI, BNI menyediakan promo mulai dari diskon 10% untun pembelian merchandise dengan kartu kredit dan kartu debit BNI Serta gratis teh botol sosro jika pengunjung membeli makanan dengan menggunakan TapCash di jumlah tertentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku“ ujar Tambok P Setyawati, Direktur Retail Banking BNI.

“Merupakan sebuah kebanggaan kami menjadi bagian dari salah satu ajang musik berskala internasional terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan asuransi Indonesia yang memilki pengalaman lebih dari 44 tahun melayani masyarakat dengan kebutuhan asuransi dan wealth management, kehadiran Avrist sebagai official insurance partner menguatkan komitmen kami untuk memberikan perlindungan jiwa kepada setiap masyarakat agar mereka dapat merasakan aman dan nyaman saat menikmati konser musik favoritnya.“ ujar Anna Leonita, Director PT Avrist Assurance.

“Merupakan kebanggaan bagi kami dapat berpartisipasi untuk yang pertama kali sebagai Official Ticketing Partner dari Jakarta International BNI Java Jazz Festival tahun ini. Hal ini merupakan komitmen kami untuk dapat membantu para pengguna menikmati pengalaman dan hiburan berkualitas. Maka dari itu, kami memberikan beragam kemudahan berupa promo diskon pembelian tiket sebesar 25% dengan menggunakan PayLater Traveloka yang dapat digunakan hingga 28 Februari 2019, kemudian fitur Easy Access yang memudahkan pengunjung memasuki venue acara lebih cepat dengan adanya antrian khusus, serta beragam aktivitas seru selama acara berlangsung di panggung Traveloka dan special booth Traveloka Discovery Town.” ujar Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka.

Kolaborasi Spesial di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019 menjadi ajang para musisi untuk mempersembahkan pertunjukkan yang beda dari yang lain. Di antaranya adalah:

  • BNI Music Project dimana Andien, Audrey Singgih, Aqi Singgih, Radhini, Rendy Pandugo, Teddy Adhitya akan bermain bersama Ron King Horn Section
  • Kolaborasi antara Addie MS & Twilite OrchestradenganLea Simanjutakdan musisi peraih GRAMMY, Bob Jamesyang akan memainkan karya Gershwin
  • Tohpati yang akan bermain bersama dengan Sheila Majid dengan konsep akustik
  • Dewa Budjana yang akan tampil bersama bassist asal India, Mohini Dey dan juga Soimah
  • Harvey Malaihollo yang akan berkolaborasi dengan Ashira Zamita, Mikha Tambayong dan Yotari dimana mereka akan menampilkan konsep pertunjukkan Motown
  • Kolaborasi antara musisi muda pendatang baru Nima Ilayla dengan Michael Manson
  • Projek kolaborasi yang telah dipersiapkan oleh MLDJAZZPROJECT Season 1-3 dengan Adrian Khalif, Adikara Fardy dan Iwa K
  • Sony Music Project yang akan diramaikan oleh Jaz, Ardhito Pramono dan Rendy Pandugo
  • Warner Music Project yang akan dimeriahkan oleh musisi-musisi muda seperti Andini, Hanin Dhiya, Rahmania Astrini dan Trisouls
  • Yamaha Music Project dimana Rossa, Is Pusakatadan Rinni Wulandari akan tampil dalam balutan musik hasil aransemen Ronald Steven.

Mengenang para legenda musik di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019

Selain kolaborasi antar musisi yang unik dan beda dari biasanya, beberapa musisi juga berkolaborasi untuk menyuguhkan pertunjukan yang bersifat tribute atau penghormatan, di antaranya adalah:

  • Barry Likumahuwa Tribute to Roy Hargrove

Kepergian pemain terompet jazz Roy Hargrove di akhir tahun 2018 lalu membuat pecinta musik jazz merasa kehilangan. Beruntung kepada Java Jazz Goers yang telah menyaksikan penampilannya di Java Jazz Festival tahun 2010 lalu. Tetapi, di tahun ke 15 ini, bassist berbakat Barry Likumahuwa akan melakukan penampilan penghormatan untuk Roy Hargrove.

  • Harvey Mason “A Tribute to Aretha” featuring Dira Sugandi

Pemain jazz drum asal Amerika Harvey Mason akan memainkan lagu-lagu Aretha Franklin bersama penyanyi asal Indonesia bersuara emas yaitu Dira Sugandi. Kolaborasi ini sangat menarik sebab hanya dapat disaksikan di BNI Java Jazz Festival 2019.

  • Tribute to Dian Pramana Poetra (Deddy Dhukun, Dewi Gita, Dwiki Dharmawan, Ita Purnamasari, Mus Mujiono, Trie Utami & Dian HP, Vina Panduwinata, Yuni Shara, dan Yopi Latul)

Di akhir bulan Desember 2018, Indonesia kehilangan seorang musikus pelantun lagu “Masih Ada” dan “Biru” yaitu Dian Pramana Poetra (Dian PP). Di selebrasi 15 tahun Java Jazz Festival, teman-teman dari Dian PP bersama menggarap sebuah kolaborasi membawakan karya-karya Dian PP dengan tujuan melestarikannya ke generasi selanjutnya.

Perhelatan BNI Java Jazz Festival 2019 yang akan berlangsung selama 3 hari dimulai dari hari Jumat, 1 Maret 2019 sampai hari Minggu, 3 Maret 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Tiket BNI Java Jazz Festival dapat dibeli melalui website resmi www.javajazzfestival.com atau mobile apps Traveloka sampai hari Kamis, 28 Februari 2019 dan dapat dibeli langsung di lokasi mulai dari hari Jumat, 1 Maret 2019 sampai hari Minggu, 3 Maret 2019.