Indonesia Hijab Walk (IHW) kembali akan digelar pada tanggal 10, 11, 12 Maret 2023 di The Trans Luxury Hotel Bandung.

Gelaran fashion hijab selama 3 hari ini akan dihadiri oleh ratusan brand fashion, para desainer fashion dan juga para pelaku usaha lainnya. IHW 2023 merupakan event kreatif yang dikemas sebagai gelaran fashion show untuk membangkitkan perekonomian Indonesia.

“Indonesia Hijab Walk  ini didirikan sebagai wadah untuk membantu teman-teman seprofesi karena IHW ini identik dengan fashion dan beauty. Mengapa fashion dan beauty? karena dua jenis usaha ini saling keterkaitan dan saling membutuhkan,jika fashionable tentu harus di dukung juga cantik luar dan dalam,” tutur Dewi Kulsum, Ketua Umum IHW.

Dewi menambahkan, Indonesia Hijab Walk (IHW) lahir tiga tahun lalu pada saat pandemi. Alasan Dewi mencetuskan gelaran fashion show ini karena melihat situasi perekonomian pada saat itu mengalami gejolak hingga dirasakan pergerakan ekonomi lumpuh total, serta banyaknya para pelaku usaha yang mengalami penurunan omset penjualan.

 “Karena saat itu tidak bisa melakukan apa-apa, perekonomian serasa lumpuh total dan saya tidak bisa diam melihat pabrik-pabrik yang gulung tikar sehingga banyak sekali bisnis fashion yang berjatuhan,” terang Dewi disela acara Gathering IHW 2023 di Ballroom Masjid Raya Al-Jabbar, Bandung, (17/1/2022), kepada KABARI.

Selain itu, kata Dewi, tercetusnya ide gelaran Indonesia Hijab Walk ini awalnya juga karena dilatarbelakangi dengan melihat banyaknya event – event besar yang ada di Jakarta dan berangkat dari situlah terbersit idenya untuk mendirikan IHW yang di selenggarakan di Bandung.

Seperti diketahui, IHW pertama kali diselenggarakan di The Trans Luxury Hotel Bandung dan dibuka langsung oleh Atalia Praratya, istri Gubernur Jawa Barat.

Dalam acara Gathering IHW 2023, turut hadir dr Siska  Gerfianti, Staf ahli dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat bahkan ia juga ditunjuk langsung untuk menjadi penasehat di IHW 2023, sekaligus sebagai pembicara pada acara Gathering IHW kali ini.

Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan beberapa hal mengenai kebangkitan ekonomi dari keterpurukan di masa pandemi.Bagaimana cara pemulihan ekonomi daerah yang diketahui terdapat 16 sektor ekomoni kreatif  termasuk di dalamnya ada fashion dan beauty. dr Siska memohon dukungannya untuk Jawa Barat pasti akan mendongkrak perekonomian di Indonesia.

 “Penting sekali kita bangkit dari keterpurukan pandemi, dan luar biasa hari ini bertemu dengan 250 Brand dari Indonesia. Ada dari Pekan Baru, Malang, Jakarta dan juga banyak yang hadir tentu itu akan memberikan pemasukan baik untuk kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat khususnya, “ terang dr. Siska.

Dengan mengusung tema Ramadhan Kareem IHW kali ini juga mengadakan kegiatan Charity, “Kami akan mendonasikan baju – baju dari para pengusaha yang tergabung di IHW baik yang masih baru atau yang layak pakai agar mereka bisa merasakan berlebaran bersama juga,“ tutur dr. Siska.

Selain itu, IHW sangat mendukung dan memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk berkarya dan sejauh ini karya mereka juga sangat mengagumkan bahkan sudah terbukti ada yang sudah menjadi desainer.

Dewi Kulsum menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan pemerintah Provinsi Jawa Barat. Terutama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Istri, serta jajarannya yang bekerja di Pemprov Jabar.