jembatan kelok sembilan

Jika di Bali ada tol tengah laut, kini Sumatera Barat pun punya jalan kebanggaan yang tidak kalah indah, Jembatan Kelok Sembilan. Jembatan yang diklaim sebagai karya kebanggaan anak bangsa ini baru saja diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (31/10). Jembatan Kelok Sembilan juga digadang-gadang menjadi obyek wisata baru di Sumbar

Proyek Jembatan Layang Kelok Sembilan terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jembatan Kelok Sembilan terdiri dari enam jembatan dengan panjang total 964 meter dan panjang 2.089 kilometer. Jembatan ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumbar, sekaligus menghubungkan Jalur Barat dan Pantai Timur Sumatera. Jembatan Kelok Sembilan  ini dibangun di atas jalan yang memiliki kelok (belokan) 9 yang terkenal dengan tikungan tajam dan keindahan alam. Jembatan karya anak bangsa ini dibangun di daerah perbukitan dan kawasan cagar alam, dan dibuka sebagai solusi untuk mengurai kemacetan.

Butuh waktu 10 tahun untuk merampungkan proyek ini, pasalnya jembatan ini dibangun sejak 2003 dan baru selesai pada tahun ini.

Pembangunan jalan layang Kelok Sembilan dilakukan dalam dua tahap. Pada fase awal dilakukan pembangunan empat jembatan sepanjang 720 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.950 meter. Pembangunan lalu dilanjutkan tahap II berupa dua jembatan dan tambahan jalan penghubung. Pembangunan yang menelan biaya APBN sebesar Rp 600 miliar lebih ini diklaim bisa bertahan hingga 100 tahun.

Panorama alam

Jembatan dibangun di tengah-tengah antara hutan lindung dan hutan observasi, selain unik para pengendara yang melintasi jalur ini juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah dan segarnya udara perbukitan.

Presiden SBY pun turut kagum dengan jembatan milik Sumbar ini bahkan dengan bangga mengatakan Jembatan Kelok Sembilan merupakan mahakarya anak bangsa . “Luar biasa sekali pemandangannya. Ini tidak kalah dengan pemandangan di Jepang. Jembatan ini juga mahakarya anak bangsa,” katanya

SBY berharap Jembatan Kelok Sembilan bisa bermanfaat untuk Sumatera Barat dan daerah sekitarnya. “Semoga Jembatan Kelok Sembilan ini membawa barokah, manfaat, dan membawa kemajuan bagi Sumatera Barat, bagi masyarakat Minang dan seluruh rakyat Indonesia” papar Presiden.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59698

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero