Setiap tahunnya, ajang Hollywood Music in Media Awards (HMMA) memberi penghargaan untuk dua kategori utama, yakni Music in Media  Awards dan Music Genre Awards. HMMA merupakan satu-satunya penghargaan yang secara khusus mengakui musik di semua media visual. Nominasi HMMA diajukan oleh dewan penasehat dan komite seleksi yang mencakup kalangan wartawan, eksekutif musik, profesional industri musik yang terdiri dari anggota terpilih dari Society of Composers and Lyricists (SCL), Television Academy, AMPAS, NARAS, dan beberapa  organisasi lainnya. Beberapa musisi terkemuka juga pernah meraih penghargaan tersebut, antara lain Diane Warren, Smokey, Robinson, Glen Campbell, Dave Mason, Christopher Young dan John Debney.

Dari lebih 500 partisipan yang terpilih, nominasi penghargaan HMMA untuk kategori musik genre tertentu kembali dibagi ke dalam beberapa kelompok, seperti film, televisi, video games, film pendek, scifi / fantasi, dokumenter dan juga animasi. Salah satu peraih penghargaan HMMA tahun ini adalah Jesica Yap, orang Indonesia pertama yang pernah masuk nominasi sekaligus memenangkan penghargaan musik di Hollywood tersebut. Adapun musisi asal Pematang Siantara tersebut mendapatkan nominasi dalam kategori Original Score – Short Film (Foreign Language)  untuk karya komposisinya dalam film Sigek Cokelat (Indonesia) dan dalam kategori Original Song/Score – Commercial Advertisement untuk iklan jam tangan bermerek Alexandre Christie. Jesica berhasil menyingkirkan kontestan dari Belgia, Spanyol, dan Tiongkok untuk memenangkan penghargaan HHMA dalam kategori Original Score – Short Film (Foreign Film). 

Film Sigek Cokelat yang diproduksi dan disutradarai oleh Ashram Shahrivar menceritakan tentang kisah manusia dan alamnya akibat penebangan hutan untuk minyak sawit. Proses produksi dilakukan di Kalimantan Barat, Indonesia. Melalui film pendek tersebut, Jesica mendapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi kreativitasnya melalui kerjasama dengan seniman lokal yang menyanyikan dan memainkan Sape dan Suling (alat musik tradisional dari Kalimantan)

Cory Allen Staats

Sementara itu, karya komposisi Jesica dalam iklan jam tangan bermerek Alexandre Christie sebelumnya pernah masuk dalam nominasi Jerry Goldsmith Awards yang diselenggarakan Spanyol pada bulan Oktober yang lalu. Iklan yang diproduksi dan disutradarai oleh ROlan Wiryawan ini menceritakan tentang pasangan yang jatuh cinta, dan menjelajahi berbagai lokasi eksotik di Los Angeles.      


 

Jesica mengaku bangga dengan tiga nominasi  yang diraihnya tahun ini. Ia juga merasa terhormat dan bersyukur  karena dapat keluar sebagai pemenang dalam Best Score for Original Score – Short Film (Foreign Language) tahun ini. (Foto dok. Jesica Yap)