JF3 Fashion Festival, festival mode terbesar di Indonesia, kembali menggelar perhelatan spektakuler yang memberikan inspirasi dan menarik kepedulian pecinta mode tanah air. Setelah sukses diselenggarakan di Summarecon Mall Serpong (SMS), rangkaian acara JF3 2023 berlanjut di Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG), Jakarta, mulai tanggal 19 hingga 30 Juli.

Dengan tema “Power to Empower”, JF3 Fashion Festival menjadi sarana kolaborasi antara desainer, brand, dan para pelaku kreatif lainnya. JF3 menjadi wadah yang penting bagi seluruh pelaku industri mode Indonesia untuk memperkenalkan karya-karya terbaru mereka dan mendorong roda ekonomi kreatif sehingga memberikan dampak bisnis yang lebih besar.

Soegianto Nagaria, Chairman JF3 menjelaskan, “Melalui JF3, kami mendukung industri mode dengan menyiapkan fasilitas penyelenggaraan event yang lebih baik, lebih kreatif, serta menggalang eksposur yang lebih besar sehingga dapat menstimulasi para pelaku untuk dapat berkreasi, membuat karya yang semakin baik. Kami harapkan para pelaku usaha mode dapat memanfaatkan JF3 sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis yang lebih baik, dan kompetitif sehingga mampu bersaing di pasar internasional”

Merespon pasar mode global yang sangat kompetitf dan dinamis, JF3 bersama pihak-pihak yang peduli, terus berupaya menyempurnakan dukungannya untuk kemajuan industri mode tanah air. Hal ini dilakukan hingga mendapatkan hasil yang nyata.

“Dalam menjalankan misinya untuk mendukung kemajuan Industri Mode Indonesia, tentunya JF3 tidak pernah lepas dari dukungan yang konsisten dari berbagai pihak ke depannya. Kita harus bersama-sama mengusahakan perkembangan ini sampai ada hasil yang nyata, terutama pada pihak-pihak yang terlibat dalam eksekusi di berbagai tingkatan. Hal ini tentu akan membutuhkan waktu yang cukup panjang, selain itu juga diperlukan perbaikan dari berbagai sistem yang terkait dengan industri mode. Event seperti JF3 adalah tempat kita mempresentasikan hasil, namun jangan lupa usaha di baliknya menjadi sangat penting.”, ujar Thresia Mareta, advisor JF3

Fashion Icon Awards

JF3 Fashion Festival di Summarecon Mall Kelapa Gading dibuka dengan pemberian Penghargaan Fashion Icon, yang merupakan apresiasi kepada tokoh-tokoh mode Indonesia yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam industri fashion. Penghargaan ini diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk juga turut membangun industri mode Indonesia di masa depan.

“Penghargaan Fashion Icon Awards merupakan upaya kami untuk menghargai sekaligus mengapresiasi tokoh-tokoh yang memiliki peran dalam mengembangkan industri mode Indonesia. Kami berharap penghargaan ini dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi seluruh pelaku mode, terutama generasi muda, untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas karya mereka. Dengan semangat ini, kami yakin industri mode Indonesia akan semakin berkembang dan diperhitungkan di dunia fashion internasional.” ujar Soegianto Nagaria, Chairman JF3

Fashion Icon Awards diberikan melalui 2 kategori, yaitu Fashion Industry dan Fashion Icon of The Year yang telah melalui serangkaian proses survei, riset, serta diskusi dari tim yang terdiri tokoh-tokoh yang sangat kredibel.

Presentasi Kreasi Talenta Muda

JF3 Awarding Night tahun ini diawali dengan sebuah presentasi koleksi yang memukau oleh para desainer muda berbakat. Ernesto Abram, An’soe, dan Maison Baaz Couture yang tampil memukau dengan karya-karya mereka yang unik dan menarik. Para desainer muda ini mengolah kreasi kreatif dari ragam wastra nusantara.

Ernesto Abram menghadirkan 16 koleksi yang terinspirasi oleh keterampilan dan seni dari para wanita penenun dan pekerja kain tenun. Koleksi ini menampilkan keuletan, kesabaran, dan keharmonisan pikiran dalam setiap detailnya. Terutama, koleksi ini terinspirasi oleh songket Wastra Nusantara yang kaya akan keindahan dan keunikan.
Menghadirkan 17 koleksi memukau, An’soe, di sisi lain, mengambil inspirasi dari lukisan terkenal Paolo Veronese “La Bella Nani”. Koleksi gaun malam mereka menampilkan siluet corset yang elegan, draping yang menawan, dan ruffles yang dramatis. Dalam tema

“Collective Revelations”, mereka mengungkapkan pesan tentang kekuatan kolektif dalam dunia mode.
Maison Baaz Couture menyajikan koleksi yang dipenuhi dengan warna perak dan sentuhan kristal yang melambangkan cahaya dan kehadiran Tuhan. Setiap detailnya menggambarkan kilauan dan keanggunan, menciptakan pengalaman yang memikat bagi setiap orang yang berjumpa dengan karya-karya mereka.

Fashion Village

Berlangsung mulai tanggal 19 hingga 30 Juli 2023 di lokasi strategis lantai dasar Mall Kelapa Gading 3 dan 5, dengan mengusung tema ‘gaya lokal lebih vokal’, Fashion Village menghadirkan 100% produk mode lokal berkualitas. Ratusan produk mode menarik dari 60 brand lokal yang terdiri dari koleksi desainer, produk kecantikan dan parfum, light bites, serta kerajinan dari Dekranasda siap memanjakan para pecinta mode tanah air. Informasi lengkap mengenai kegiatan JF3 dapat diikuti dengan mengunjungi situs web resmi www.jf3.co.id dan akun instagram @JF3_info.

Baca Juga: