KabariNews – Joey Alexander bukanlah musisi yang sering hadir dalam layar kaca televisi nasional. Terlebih muncul dalam siaran gosip infotaiment. Namanya tidaklah besar dari sensasi tetapi prestasi dari musikalitas yang dimiliki. Joey pernah tampil bersama para musisi jazz ternama, banyak memenangi beragam penghargaan bergengsi. Dan kini mendapat nominasi Grammy 2016 di Amerika Serikat.

Joey pernah tampil di acara UNESCO di Jakarta pada 2011 untuk bermain solo di depan legenda jazz Herbie Hancock. Pada 2014, ia pun pernah tampil di gedung Jazz at Lincoln Center, New York dan sejak itu kerap tampil di festival jazz bergengsi dunia. Jari jemarinya seakan menghipnotis penonton manakala menari memainkan repertoar jazz di tuts grand pianonya.

Belum lama publik musik Indonesia terkejut dengan masuknya pianis belia ini dalam nominasi Grammy 2016 untuk kategori Jazz Instrumental Album untuk lagu “My Favorite Things” dan Best Improvised Jazz Solo untuk lagu “Giant Steps”. Bagaimana tidak! Umur joey masih terbilang muda saat menerima nominasi tersebut. Namun inilah kali pertamanya musisi asal Bali, Indonesia masuk dalam nominasi Grammy yang notabene merupakan ajang paling bergengsi dalam jagad permusikan dunia. Untuk masuk dalam nominasi Grammy Award di Amerika Serikat bukanlah perkara mudah apalagi Joey bukanlah dari Negeri Paman Sam.

Baca artikel selengkapnya di Kabari Digital