Indonesia kembali mengirim wakilnya ke ajang Miss International 2019 di Tokyo Jepang  yang  diwakilkan oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Cholock Rotinsulu.

Perempuan yang menempuh pendidikan di jurusan Teologia dan fokus berkarir di dunia bisnis ini akan bersaing dengan teman-teman finalis dari 82 negara dalam karantina Miss International 2019 serta Grand Final yang akan berlangsung dari tanggal 25 Oktober  hingga 12 November 2019 serta Grand Final yang akan digelar pada tanggal 12 November 2019 di Tokyo Dome City Hall, Jepang. 

Semua persiapan yang dilakukan Jolene tak lepas dari dukungan penuh Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk, yang sangat peduli terhadap prestasi perempuan Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di kontes kecantikan Internasional.

“Tidak banyak perempuan Indonesia yang bisa mendapat kesempatan untuk mewakilkan Indonesia di kancah Internasional, untuk itu saya merasa bangga menjadi salah satu perempuan yang bisa membawa nama Indonesia hingga ke internasional dan peluang ini tidak akan saya sia-siakan, doakan saya bisa membawa prestasi untuk Indonesia, “ ungkap Jolene saat konferensi pers keberangkatan Puteri Indonesia Lingkungan ke ajang Miss International 2019 di Aula Sasono Wiwoho, Menteng, Jakarta Pusat, (14/10).

Hal senada pun disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Putri Kus Wisnu Wardani, “Saya berharap Puteri Indonesia Lingkungan 2019 dapat memperoleh kembali hasil terbaik di ajang Miss International 2019, selain itu ia juga dapat mempromosikan produk-produk Indonesia dan produk industri tradisional berbasis budaya serta memperkenalkan pariwisata dan budaya yang dimiliki Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan untuk menunjukkan hal tersebut adalah melalui busana yang ditampilkan Jolene pada saat karantina maupun pada saat kontes berlangsung, “ tegas  Putri Kus Wisnu Wardani.

Selain berharap bisa memperoleh gelar Miss International 2019, Jolene juga berharap dapat meraih The Best National Costume.

“Saya akan mengenakan busana nasional karya Diana M.Putri yang terinspirasi oleh Legenda Dewi Rengganis, puteri Raja Brawijaya, yang merupakan salah satu raja Majapahit,” kata Jolene.

Legenda Dewi Rengganis sebuah legenda yang menceritakan tentang Dewi Rengganis, puteri Raja Brawijaya yang merupakan salah satu raja dari Kerajaan Majapahit. Menurut kepercayaan warga Dewi Rengganis ini mempunyai wajah yang rupawan.

Kecantikan yang luar biasa membuat pangeran dan raja-raja di tanah Jawa ingin mempersuntingnya. Dewi Rengganis dipercaya sebagai penguasa di wilayah Argopuro bahkan juga di Raung.

Alasan Jolene memilih tema Legenda Dewi Rengganis ini karena dirinya pernah mendaki gunung Argopuro, gunung yang pernah memiliki trek pendakian terpanjang di Indonesia dan Jolene berhasil  mencapai ketiga puncak yang ada di gunung Argopuro, yakni Argopuro, Hyang, dan Rengganis.

“Target saya gak muluk-muluk ya. Tapi saya berharap bisa menang dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” terang Jolene semangat.

Selain itu, Jolene juga akan membawa evening gown karya desainer lokal berbakat yaitu, Anaz. Adapun gaun malam yang dibawa terbuat dari kain Bentenan, kain tenun karya asli orang Minahasa sejak abad ke-15 yang sempat menghilang karena perubahan zaman. Berasal dari pantai timur Minahasa, kain Bentenan merupakan salah satu kain yang sangat tinggi mutunya di dunia. Kali ini, seorang Putri Minahasa akan mengenakkan gaun bernuansa etnik yang diperlukan dengan kain Bentenan di ajang Miss International 2019 di Tokyo. Perpaduan unsur warna violet dan marun melambangkan kecantikan dan keberanian wanita Minahasa yang tak akan lekang oleh zaman.

Adapun selama masa karantina berlangsung, Jolene akan membawa busana dari desain lainnya seperti Anaz, Yosep Sinudarsono, Diana M Putri, Priyo Octaviano, dan kebaya Intan Aventie. Sedangkan untuk aksesories akan mengenenakan dari Hartono Wira Tenik (HWT), Le Ciel Design, Elizabeth Wahyu dan Manjusha Nusantara.

Pada ajang Miss International 2019, Jolene akan memainkan alat musik Sasando dengan menyanyikan lagu Indonesia dan Jepang sebagai bagian dari unjuk bakat yang akan ditampilkan di sana. Sebagai duta bangsa, Jolene juga akan membawakan oleh-oleh untuk seluruh peserta berupa produk kecantikan dari Beauty Queen Series Mustika Ratu yaitu palet makeup miliknya, The Queen In Me Jolene Limited Edition Palette.

Palet makeup Jolene yang bertema Florescence Khatulistiwa Limited Edition ini terinspirasi dari warna-warni bunga, sesuai dengan kepribadian Jolene yang colorful dan beautiful, terciptalah makeup yang terdiri dari 5 warna highly pigmented eye shadow, 1 warna highlighter, 1 warna contour, 1 warna blush on, dan 1 warna lipstick. Blush on dengan nama Sakura merupakan persembahan Jolene sebagai Miss International Indonesia 2019 yang akan berlaga mengharumkan nama Indonesia di Jepang.

Sebagai wakil Indonesia, perempuan yang lahir di Santa Ana, California pada tanggal 15 Mei 1996 ini telah melakukan banyak persiapan. Tidak ingin kalah dari senior-seniornya yang meraih prestasi di Miss International, Jolene pun bertekad untuk membawa pulang gelar Miss International 2019 ke Indonesia. Berbagai persiapan selama tujuh bulan telah dijalani, salah satunya adalah belajar merias wajah dan tata rambut sendiri.

“Sejak awal terpilih menjadi Puteri Indonesia Lingkungan 2019, saya sudah melatih untuk melakukan persiapan yaitu dengan melakukan perawatan kecantikan luar dan dalam di Taman Sari Royal Heritage Spa, mempelajari teknik merias wajah dan rambut sendiri yang langsung diajarkan oleh Tim Profesional Make Up Artist Mustika Ratu dengan menggunakan pula produk-produk unggulan dari Mustika Ratu Beauty Queen Series,” terang Jolene.

Selain itu, Jolene juga mendapatkan banyak pembekalan di berbagai bidang seperti kelas Table Manner dari LPPMS (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo), pembekalan tentang current issues, filosofi dan filsafat oleh Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Prof. Wardiman Djojonegoro, kelas Bahasa Inggris dengan personal native oleh Wall Street English, pembentukan tubuh (gym) di Celebrity Fitness. Jolene juga mendapat perawatan gigi dari Pure Dental serta perawatan wajah dari Klinik Dermaster Indonesia.

Keikiutsertakan Jolene di ajang Miss International 2019 diharapkan dapat meraih kembali prestasi Miss International 2019 dan juga dapat mempromosikan pariwisata dan budaya bangsa serta  ragam produk asli Nusantara di kancah Internasional.