Mantan wakil presiden Amerika Al Gore, dikenal memiliki kepedulian tinggi mengenai perubahan iklim (Climate Change).

Bahkan film Al Gore yang berjudul “An Inconvenient Truth” yang diproduksi tahun 2006 meraih dua piala Oscar. Film dokumenter ini  adalah film  kampanye  lingkungan Al Gore dalam menghadapi perubahan iklim.

Perubahan iklim adalah persoalan nyata seluruh warga bumi. menurut Al Gore, perubahan iklim akibat pemanasan Global  bisa membuat kebinasaan generasi manusia secara perlahan. Sumber air bersih berkurang, lubang ozon bertambah besar, dan iklim semakin panas adalah sedikit dari gejala akibat perubahan iklim.

Hanya beberapa saat sejak meluncurkan film tersebut, Al Gore kemudian membentuk lembaga nirlaba bernama “The Climate Project” pada Juni 2006.

Lembaga ini bertujuan mengkampanyekan gejala-gejala perubahan iklim serta memberikan edukasi kepada masyarakat dunia untuk  menjaga dan melestarikan lingkungan.

Proyek ini telah melatih lebih dari 3.000 relawan dari seluruh dunia untuk menjadi komunikator perubahan iklim. Pelatihannya sendiri dipimpin langsung oleh Al Gore.

Saat pelatihan angkatan pertama tahun 2006 dilakukan di Kanada, ada satu orang relawan dari Indonesia diantara ratusan relawan lain dari seluruh dunia. Dia adalah Amanda Katili yang ketika itu menjadi staf ahli Menteri Lingkungan  Hidup, Rachmat Witoelar.

Amanda Katili menjadi orang pertama di Indonesia yang berhasil lolos mengikuti perlatihan “The Climate Project”.

<object width=”425″ height=”344″><param name=”movie” value=”http://www.youtube.com/v/HSiagSlvn7o&hl=en_US&fs=1&”></param><param name=”allowFullScreen” value=”true”></param><param name=”allowscriptaccess” value=”always”></param><embed src=”http://www.youtube.com/v/HSiagSlvn7o&hl=en_US&fs=1&” type=”application/x-shockwave-flash” allowscriptaccess=”always” allowfullscreen=”true” width=”425″ height=”344″></embed></object>

Untuk melihat Video Part 2 Klik disini

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34455

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :