Jakarta, KabariNews.com – Seperti biasanya, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, seluruh masyarakat beramai-ramai menggelar aneka hiburan dan perlombaan.

Mulai dari perlombaan panjat pinang, balap karung, karnaval sepeda hias, karnaval pakaian adat, lomba bakiak dan sebagainya digelar hampir di setiap daerah.

Di kawasan sepanjang sungai Kalimalang, Jakarta Timur, festival perlombaan serupa setiap tahunnya digelar di sini.

Panjat pinang di atas sungai merupakan perlombaan yang menjadi ciri di daerah tersebut.

Ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 64, hampir di sepanjang aliran sungai Kalimalang dipenuhi barisan batang pohon pinang yang menjorok ke tengah sungai, dengan bermacam-macam hadiah di atasnya.

Mulai dari baju, celana, kipas anging, rice cooker, helm, hingga sepeda, semuanya menggantung dan siap diperebutkan para peserta lomba panjat pinang di atas air.

Eko (31), warga Jatinegara ini mengaku setiap tahunnya sengaja datang ke Kalimalang bersama istri dan kedua anaknya, untuk melihat kemeriahan festival Kalimalang.

“Hampir setiap 17 Agustus saya membawa anak dan istri melihat perlombaan panjat pinang di Kalimalang,” ujarnya.

Kemeriahan festival Kalimalang juga membawa berkah bagi penyedia tempat parkir motor “dadakan dan para pedagang.

Heru Setiadi, salah satu panitia penyelenggara acara tersebut menjelaskan, bahwa festival Kalimalang ini akan terus diadakan setiap tanggal 17 Agustus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan.

Selain itu, Heru manambahkan, bahwa kegiatan tersebut telah mendapatkan respon positif dari pemerintah daerah DKI Jakarta.

<object width=”425″ height=”344″><param name=”movie” value=”http://www.youtube.com/v/88SY_z7_yJA&hl=en&fs=1″></param><param name=”allowFullScreen” value=”true”></param><param name=”allowscriptaccess” value=”always”></param><embed src=”http://www.youtube.com/v/88SY_z7_yJA&hl=en&fs=1″ type=”application/x-shockwave-flash” allowscriptaccess=”always” allowfullscreen=”true” width=”425″ height=”344″></embed></object>

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33595

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :