Jakarta, KabariNews.com – Pesta Blogger 2009 yang digelar di Gedung SMESCO, Pancoran, Jakarta Selatan, pada hari Sabtu (24/10) mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Amerika untuk Indonesia.

Kegiatan yang merupakan ajang temu para blogger Tanah Air ini mendapat sambutan dari para blogger di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam siaran persnya, Duta Besar Amerika Serikat, Cameron R. Hume menuturkan bahwa Kedubes AS mendukung Pesta Blogger untuk
kedua kalinya. Kebebasan berpendapat adalah bagian yang tidak
terpisahkan dari sistem demokrasi yang berkesinambungan.

Berikut ini isi siaran pers yang diterima redaksi KabariNews.com:

“Selama dua tahun berturut-turut, Kedubes AS mensponsori Pesta Blogger 2009, ajang temu nasional blogger Indonesia. Acara ini akan berlangsung pada Sabtu, 24 Oktober 2009 di aula pameran gedung SMESCO. Empat blogger Amerika, termasuk Arsalan Iftikhar, blogger muslim Amerika yang terkenal dan Mark Frauenfelder, pendiri blog teknologi terkenal, akan berpartisipasi di acara ini.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Cameron R. Hume, menyatakan bahwa “Kedubes AS bangga mendukung dan menjadi sponsor Pesta Blogger untuk kedua kalinya. Kebebasan berpendapat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem demokrasi yang berkesinambungan. Indonesia memiliki demokrasi yang kuat dan dinamis, dan perkembangan pesat komunitas blogger mengindikasikan hal tersebut.” Duta Besar Hume menulis blog untuk pertama kalinya tak lama setelah kunjungan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton ke Jakarta pada Februari tahun ini di situs blog resmi Departemen Luar Negeri AS.

Kedubes AS juga mensponsori rangkaian pelatihan menulis blog di 10 kota di Indonesia dalam tiga bulan terakhir, untuk mendorong lebih banyak orang Indonesia menulis blog dan menerapkan prinsip-prinsip jurnalisme publik. Lebih dari seribu orang berpartisipasi dalam pelatihan yang diadakan di Malang, Semarang, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Medan, Bandung, Surabaya, Palembang dan Yogyakarta.

Kedubes AS telah merangkul teknologi dan media sosial untuk melakukan diplomasi publik di Indonesia. Kedubes AS telah mempunyai saluran YouTube yang menampilkan hampir 200 video pendek mengenai berbagai macam topik tentang Amerika Serikat, seperti budaya, masyarakat, pendidikan, kegiatan agama, politik, pariwisawa Amerika dan pendidikan bahasa Inggris. Video yang ditampikan di situs video sharing ini dapat diakses melalui www.youtube.com/pasjakartaindonesia, dan ditampilkan dalam Bahasa Indonesia atau diberi terjemahan Bahasa Indonesia.

Pada Januari, Kedubes AS adalah misi diplomatik pertama di Indonesia yang membuat halaman penggemar di Facebook, www.facebook.com/jakarta.usembassy dengan hampir 15.000 fans. Halaman tersebut menampilkan hal-hal yang unik seperti foto, video dan kontes. Seluruh proses pengurusan visa ke AS sekarang telah menggunakan sistem pendaftaran secara online dan warga AS di Indonesia yang ingin memperpanjang paspor mereka juga diharuskan untuk mendaftar secara online.”

<object width=”425″ height=”344″><param name=”movie” value=”http://www.youtube.com/v/pXb3nho-B3w&hl=en&fs=1&”></param><param name=”allowFullScreen” value=”true”></param><param name=”allowscriptaccess” value=”always”></param><embed src=”http://www.youtube.com/v/pXb3nho-B3w&hl=en&fs=1&” type=”application/x-shockwave-flash” allowscriptaccess=”always” allowfullscreen=”true” width=”425″ height=”344″></embed></object>

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33939

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :