Car Sharing?

Link ke E-Magazine

Untuk Share artikel ini, Silahkan Klik Disini www.KabariNews.com/?2516

CARSHARING, ATASI PARKIRAN MOBIL DI SAN FRANCISCO

Boleh dibilang, kota San Francisco adalah salah satu kota yang paling sulit untuk mencari parkir, dikarenakan sistem tata kota yang tidak meluas dan lahan parkir yang tidak banyak. Carsharing solusinya.

Sudah tidak asing lagi bagi warga kota San Francisco yang mengalami berbagai kesulitan berhubungan dengan kendaraan mobil, khususnya mencari parkir. Banyak gedung apartemen atau bisnis yang tidak punya lahan parkir sendiri. Yang tersedia hanyalah perparkiran di jalanan dan otomatis orang-orang hanya mengandalkan parkiran di jalanan itu. Meski transportasi umum di San Francisco sangat mudah dan banyak macamnya, akan tetapi mereka tidak beroperasi 24 jam dan tujuannya pun terbatas.

Saling berbagi mobil sesama masyarakat, atau istilah bahasa Inggrisnya carsharing, kedengarannya aneh dan sepertinya sulit diterapkan. Namun, bagi warga kota San Francisco, hal ini merupakan ide yang baik dan bermanfaat bagi kotanya maupun masyarakatnya sendiri.

Hediana Utarti, seorang warga San Francisco, menjual mobil pribadinya. Alasannya, karena ia selalu kesulitan mencari parkir karena gedung apartemennya tidak memiliki garasi. Sungguh dilema besar bagi wanita berdarah Jawa ini. Kemudian Hediana mendaftarkan diri menjadi anggota pemilik mobil bersama City CarShare. Ia menjelaskan, “Tidak punya mobil, saya tidak harus pusing untuk mencari parkir dan juga tidak mengeluarkan biaya untuk bensin.”

Wanita yang murah senyum ini menambahkan, saban kali ia memerlukan mobil City CarShare, cukup meminta reservarsi online, terus mengambil mobil yang tidak jauh dari rumahnya. “Pokoknya benar-benar efisien dan ekonomis bagi saya. Uang bulanannya hanya $10 dan uang muka sekitar $300-an, itupun nantinya dikembalikan,” jelas Hediana.

City CarShare menawarkan beberapa pelayanan kepada anggotanya berupa teknologi canggih dan terorganisasi. Menyediakan masyarakat transportasi pribadi untuk perjalanan dekat maupun jauh dengan biaya perjam, perhari, dan terkadang biaya permil. Bensin, asuransi, dan biaya pemeliharaan kendaraan semua ditanggung dengan City CarShare. Waktu mengambil mobil, tinggal gesek kartu, sistem komputer akan membaca kartu anggota.

Konsep carsharing ini populer di Jerman dan kota-kota di Swiss sekitar tahun 1980-an. Saat ini sistem carsharing sudah digunakan lebih dari 600 kota dunia. Kurang lebih 350,000 orang pengguna dengan 11,000 mobil. Di Amerika Serikat, program carsharing dikenalkan pada akhir tahun 1999. Pada tahun 2001, City CarShare memulai operasinya di San Francisco Bay Area. Tahun 2005, ZipCar dan Flexcar mengikuti jejak City CarShare di kota San Francisco. Sejak itu, sekitar 102,000 orang telah berbagi sekitar 2,558 kendaraan.

CEO City CarShare Rick Hutchinson menyatakan, misi dari organisasinya, “Misi kami bukanlah untuk mencari uang dan menghasilkan keuntungan, akan tetapi untuk mengurangi polusi udara, mengurangi kemacetan lalu lintas, menghemat energi, dan juga mengurangi ketergantungan negara Amerika Serikat dengan bahan bakar.”

Studi yang dilakukan oleh Universitas Berkeley membuktikan, program carsharing macam organisasi City CarShare di San Francisco Bay Area ini, telah menghemat sekitar 1 juta galon bensin selama beroperasi.
Ingin tahu lebih dalam ? (Inna)
Untuk Share artikel ini, Silahkan Klik Disini www.KabariNews.com/?2516

Silahkan ke situs www.citycarshare.com