KabariNews – Kantin adalah salah satu tempat yang disukai mahasiswa selain ruang perpustakaan dan taman kampus. Media The Daily Meal merilis daftar 20 kantin kampus terbaik di Amerika Serikat. Ada banyak unsur yang menjadi acuan bagi penilaian ini, seperti variasi hidangan, keberadaan chef, makanan halal atau vegan, upaya ramah lingkungan, informasi nutrisi dan bahan baku, acara kuliner, serta pemesanan makanan online. Universitas mana sajakah yang mendapat peringkat?

1. Washington University in St. Louis

Kampus ini memiliki kantin terbaik dan sangat menyenangkan bagi mahasiswanya. Ini dapat dimaklumi sebab pengelolanya adalah Bon Appetit, perusahaan katering terkemuka di Amerika. Di sini, berbagai macam makanan tersedia, baik vegan, kosher (makanan untuk orang Yahudi), maupun halal. Acara kuliner bisa diselenggarakan hingga 10 kali per minggu. Limbah makanan juga dikelola dengan baik sehingga aman bagi lingkungan.

2. Massachusetts Institute of Technology

Ini adalah universitas sains yang beken di dunia. Tenyata kampus ini memiliki 30 tempat makan! Ada dining hall, restoran, kafe, juga food trucks. Semua makanan disiapkan dan disajikan dalam waktu 48 jam. Setiap seminggu sekali, pasar sayur dan buah digelar di sini. Untuk mengenalkan citarasa internasional kepada mahasiswa, MIT menyediakan hidangan dari negara tertentu yang dirotasi setiap harinya. Ada pula kelas memasak setiap Kamis. Keren bukan ?

3. Northwestern University

Kantin kampus ini pernah mengundang Chef Tomo Irsic dari Slovenia dan Chef Joachim Suarez dari Columbia. Selama seminggu, mereka mengolah hidangan dari daerah masing-masing untuk disajikan di dining hall. Northwestern University juga menunjukkan kepedulian mereka dengan membagikan makanan kepada orang tak mampu, mendaur ulang minyak goreng, dan menggunakan kantong biodegradable di kampus.

4. Cornell University

Tak hanya urusan pengetahuan, kantin kampus ini terbilang canggih. Mereka punya acara televisi lokal tentang makanan dan seputar kehidupan kampus di Cornell University. Nantinya, pelanggan juga dapat berkomunikasi dengan pengelola melalui jejaring sosial dan teknologi smartphone. Di sini, ada lebih dari 30 tempat makan. Untuk mendorong gaya hidup ramah lingkungan, Cornell University menawarkan promo ‘dapat minuman ukuran besar seharga gelas kecil’ jika membeli mug di kampus.

5. University of Pennsylvania

Ada pasar tradisional di kampus ini, sehingga bahan makanan dapat diperoleh saat masih segar. Area makannya pun banyak. Mahasiswa University of Pennsylvania juga sering mengadakan perayaan unik bertema makanan.

Nah ini adalah sebagian dari kantin kampus yang baik dan menyenangkan bagi mahasiswanya. Mungkin sekali waktu, kantin di kampus-kampus Indonesia juga perlu diperingkat.