Plastic Bags (file / credit: David Paul Morris/Getty Images)

Kantong plastik pun perlu diet? Seperti juga tubuh kita yang memerlukan diet makanan agar hidup sehat, begitupun juga dengan penggunaan kantong plastik. Kantong plastik yang digunakan dengan berlebihan akan berdampak buruk bagi lingkungan. Itulah sebabnya kita semua dianjurkan untuk mulai berdiet menggunakan kantong plastik.

Penggunaan kantong plastik dalam kehidupan kita sehari-hari sudah begitu lekat. Saat berbelanja, kantong plastik kerap menjadi tempat paling favorit untuk membawa belanjaan. Tak hanya itu, untuk membawa bawaan lain dan untuk tempat membuang sampah pun, kita sering menggunakan kantong plastik.

Selain karena harganya murah atau bahkan kita peroleh dengan gratis, bahannya tipis, ringan dan mudah dibuang, kantong plastik menjadi andalan di mana-mana. Di berbagai tempat perbelanjaan, pasar, dan toko kerap memberikan kantong plastik sebagai tempat belanjaan. Hanya sedikit toko di pusat perbelanjaan tertentu yang memberikan kantong kertas sebagai tempat belanjaannya.

Dampak Penggunaan Kantong Plastik

Mengapa kantong plastik berdampak buruk bagi lingkungan? Penggunaan kantong plastik memiliki siklus yang sangat cepat. Hal ini tidak sebanding dengan waktu yang diperlukan untuk mengurai plastik di dalam tanah. Untuk mengurai plastik memerlukan waktu sekitar 100 tahun. Beberapa plastik ada yang bisa terurai dengan lebih cepat.

Plastik juga merupakan penghasil limbah berbahaya. Jika dibuang di selokan atau saluran air, plastik akan menyumbat jalannya air. Walhasil air tidak bisa mengalir, mampet dan timbul genangan berbau. Saat kita membakar kantong plastik, akan menghasilkan zat-zat beracun yang berbahaya bagi tubuh.

Fakta Menarik Seputar Kantong Plastik

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar penggunaan kantong plastik.

  • Dalam setahun, 1 orang manusia menghasilkan sampah 700 sampah kantong plastik.
  • 33% orang bersedia membawa sendiri kantong belanja jika tidak disediakan oleh toko/pedagang.
  • 30% orang mau membawa kantong sendiri saat belanja jika kantong plastik tidak gratis lagi.

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik

Di awal tahun 2013, beberapa lembaga yang peduli dengan bahaya penggunaan kantong plastik bergabung dan membentuk Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. Gerakan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih bijak menggunakan kantong plastik. Informasi lebih lengkap mengenai kegiatan gerakan ini bisa dilihat di laman www.dietkantongplastik.info

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?58541

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Rosy Law