Kantor Penerangan USS Blue Ridge
1 Mei 2019

JAKARTA, Indonesia — Komandan kapal USS Blue Ridge (LCC 19) Kolonel Laut Eric J. Anduze menjawab pertanyaan dari media setelah kapal tersebut tiba di pelabuhan dalam rangka kunjungannya di Jakarta. Selama kunjungannya tersebut, komandan beserta awak Blue Ridge, serta para pelaut dari Armada ke-7 akan berinteraksi dengan budaya lokal, mengadakan pertemuan antar militer, serta menjalin hubungan melalui pertunjukan musik dan aktivitas pelayanan umum di Jakarta. Blue Ridge merupakan kapal operasional tertua di angakatan laut AS, dan sebagai kapal komando Armada ke-7, secara aktif menjalin hubungan dengan para sekutu dan mitra di Indo-Pasifik. (Photo oleh Petty Officer 2nd Class, Michael)

JAKARTA, Indonesia – Kapal Komando Armada ke-7 Angkatan Laut AS, USS Blue Ridge (LCC 19) tiba di pelabuhan pada tanggal 1 Mei dalam rangka kunjungan ke Jakarta yang bertepatan dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Amerika Serikat dan Indonesia yang jatuh pada tahun 2019.

Kapal-kapal Armada ke-7 seperti Blue Ridge telah mengunjungi Jakarta sejak beberapa dekade sebagai bagian dari hubungan yang kuat dengan Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL) yang mencakup antara lain pertemuan antar staf angkatan laut, pertukaran profesional serta dalam rangka mengikuti latihan bersama seperti Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) dan Southeast Asia Cooperation and Training (SEACAT). TNI AL juga berpartisipasi dalam latihan militer gabungan seperti Cobra Gold dan RIMPAC, serta menjadi tuan rumah untuk latihan militer Komodo yang diselenggarakan setiap dua tahun di Indonesia.

“Para kru kapal saya menantikan saat dimana bisa mengeksplorasi kota yang luar biasa ini dan saya juga menantikan bisa bertemu dengan sesama kolega saya dari TNI-AL,” kata Laksamana Madya Phil Sawyer, Panglima Armada ke-7. “Hubungan kami dengan TNI-AL yang kuat berdasarkan pada nilai-nilai demokrasi yang sama serta kesamaan kepentingan sebagai negara maritim.”

Sebagai kapal operasional tertua di Angkatan Laut AS, Blue Ridge aktif menjalin hubungan dengan para sekutu dan mitra di Indo-Pasifik sebagai kapal komando Armada ke-7. Sebelumnya, Blue Ridge pernah berkunjung ke Jakarta bulan Mei 2014. Selama berlabuh, para pelaut Blue Ridge akan memiliki kesempatan untuk menjelajah Jakarta sementara grup musik Armada ke-7 akan mengadakan konser untuk umum.

“Kunjungan-kunjungan seperti ini memungkinkan kami untuk melanjutkan memperkuat hubungan kami, dan berbagi kepentingan yang sama sebagai profesional dan individu,” kata Komandan Blue Ridge, Kolonel Laut Eric Anduze. “Kru kami akan melakukannya melalui interaksi keseharian dengan masyarakat Indonesia. Untuk sebagian besar dari mereka, ini merupakan kunjungan pertama kalinya ke Jakarta, jadi mereka sangat menantikan saat ini.”
Tahun ini juga menjadi perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Amerika Serikat dan Indonesia. Armada ke-7 merayakan ulang tahunnya yang ke-75, tahun lalu.

Armada ke-7 memberikan pengamanan bagi para sekutu dan mitra diseluruh Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Sebagai armada terbesar di angkatan laut AS, armada ke-7 mengoperasikan sekitar 50-70 kapal laut dan kapal selam, 140 pesawat terbang militer dengan jumlah pelaut hampir mencapai 20,000 orang.

Sebagai kapal komando Armada ke-7, Blue Ridge, bertindak sebagai komando “bergerak” dan mempunyai kapabilitas kontrol di seluruh Indo-Pasifik. Kolonel Laut Eric Anduze merupakan komandan kapal Blue Ridge, dan bertugas di bawah Commander, Expeditionary Strike Group 7/Task Force 76, satu-satunya gugus tugas di angkatan laut AS yang bisa mengerahkan kekuatan amfibi.