Setiap tahunnya pada tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Peringatan Hari Kartini ini bertujuan untuk menghormati Raden Ajeng Kartini atau R.A. Kartini yang gigih memperjuangkan emansipasi wanita.

Lantas apa makna hari Kartini bagi selebritis Eva Belisima. Istri dari Karan Romana ini mengatakan sebagai seorang perempuan sungguh hari Kartini menjadi hari yang selalu spesial.

“Kita ini  adalah penikmat dari bentuk perjuangan dari Kartini yang memperjuangkan hak-hak perempuan dan terutama saya juga menikmati kebebasan dari apa yang diperjuangkan oleh Kartini,” kata Eva.

Dengan adanya perjuangan dari salah satu pejuang emansipasi ini, perempuan Indonesia masa kini menjadi lebih baik dan maju, dapat menikmati keleluasaan dan kebebasan dalam budaya patriarki yang mengutamakan laki-laki. Wanita Indonesia menjadi setara dalam hal kesamaan hak dan kewajiban dengan kaum laki-laki.

Eva mengucapkan banyak terima kasih kepada Kartini dan jasa-jasanya. “Dari beliau banyak terlahir Kartini-kartini baru, perempuan-perempuan muda masa kini yang terus berjuang melanjutkan perjuangannya dalam memerangi ketidakadilan terhadap perempuan dan berbagai macam hal lainnya.”

Dirinya termasuk perempuan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan dan perjuangan dari Kartini yang mana memang harus dilestarikan dan ditumbuhkan dalam jiwa perempuan yang mandiri yang hebat dan berjuang untuk hidupnya.

Walaupun menjadi perempuan yang maju, cerdas dan berkarir, Eva mengatakan perempuan harus tetap memahami posisinya sebagai perempuan yang tidak lupa dengan kodratnya, yang patuh terhadap suami dan menjadi ibu teladan yang baik.