KabariNews – Syahdan, Mbak Jujuk, seorang pendatang baru Indonesia di Amerika, mengeluh soal kata-kata Inggris Amerika. Itu terjadi sewaktu ia membeli barang kebutuhan sehari-hari di toko atau saat nonton acara televisi. “Jujur saja, mulanya bikin mumet,” katanya.

Mbak Jujuk bukannya tidak pernah belajar bahasa Inggris di Indonesia.Gurunya kebanyakan mengajar tenses dan grammar. Dan kata-kata Inggris Amerika yang membuatnya pusing itu tidak pernah diterangkan, apalagi disebut. Soal kemampuannya berbahasa Inggris, Jujuk mengaku“little-little sih I can”.

Di Indonesia, semua minuman mineral kemasan, disebut Aqua. Padahal, Aqua adalah merek dagang.Minuman mineral kemasan di Indonesia puluhan mereknya. Contoh lain, teh botol untuk semua minuman teh kemasan botol. Baygon untuk semua cairan pembasmi nyamuk. Dan, banyak lainnya. Dulu, orang lebih sering menyebut kodak ketimbang kamera. Maka muncul sebutan Mat Kodak bagi fotografer di Indonesia. Dinamakan demikian, karena barang tersebut adalah pioner dan pertama kali yang populer. Di Amerika pun demikian. Berikut ini adalah sebagian kata Inggris Amerika untuk menyebut barang-barang tertentu :

Kleenex

Jangan sembarangan. Kleenex ini kata yang sudah dipatenkan oleh perusahaan Kimberly Clark sejak tahun 1924.Begitu orang Amerika ngomong Kleenex, orang langsung mengerti maksudnya, yaitu tisu dalam kotak atau dalam kemasan plastik. Digunakan sebagai pengganti sapu tangan untuk menghapus air mata, ingus dan sebagainya. Menurut mbak Jujuk, orang Amerika sangat ribet dalam urusan tisu. Misalnya, restoran di Amerika umummya tidak pernah menyediakan tisu gulung (toilet tissue) di meja makan, seperti di Indonesia.

Q-Tip

Khusus tentang ini, Mbak Jujuk punya cerita. Mulutnya sampai berbusa menjelaskan “cotton bud” dengan seorang pelayan toko di Amerika. Namun,penjaga toko tersebut tak paham apa yang dimaksud mbak Jujuk. Kata“cotton bud”, memang sesekali digunakan. Tapi, kata yang paling umum dipakai dalam pembicaraan orang Amerika adalah Q-Tip (kiu-tip). Apaitu? Itu adalah sejenis korek kuping yang berujung pentolan kapas.Penciptanya Leo Gerstensag tahun 1923 dan disebut “Baby Gays”. Selain dipakai untuk membersihkan luar telinga (berbahaya jika dimasukkan kelubang telinga), kadang digunakan untuk kebersihan bayi.

Ziploc

“Nah ini dia, semua orang Indo pasti tahu ini,” kata Mbak Jujuk tidak mengada-ada. “Ziploc” (di Indonesia merek “Seal King” yang terkenal) adalah merk plastik praktis yang berpenutup di pinggirnya, sehingga barang cair tidak tumpah, kering dan aman. Merek plastik ini begitu populer di Amrik, sehingga orang-orang Indonesia yang gemar makan-makan bersama di pertemuan warga Indonesia, pasti menyediakan Ziploc sebelum bubaran makan-makan.

White Out (Wite out)

Orang Amerika praktis, kan? Arti harafiah white out itu “putih-putihnya keluar”. Mbak Jujuk bilang, kalau itu maksudnya adalah Tipp Ex. Ini merek cairan putih pengoreksi tulisan atau ketikan yang awalnya diproduksi perusahaan Perancis, BIC.

Band Aid

Anak-anak Mbak Jujuk di Amerika pasti ribut soal Band-aid setiap kali jatuh dan luka lecet. Plester berperekat untuk mengobati luka ringan ini bermerek Johnson and Johnson. Produk semacam ini di Indonesia adalah Tensoplast atau Handyplast.

Xerox

Jadi, kalau orang Amerika bilang, “I wil make a Xerox out of it”, maksudnya dia akan memfotokopi dokumen tertentu. Xerox sendiri adalah merek mesin fotokopi.

Staple

“Ya ampun, maksudnya jegrekan, toh,” ujar Mbak Jujuk senyum-senyum. Ya, Staples adalah alat penyatu kertas-kertas.

Pamper

Untuk yang satu ini, Mbak Jujuk sangat mengenalnya. Bukan apa-apa. Ini adalah merek popok bayi sekali pakai buatan Procter & Gambler. Di Indonesia sudah ada, kan?

Popsicle

Ini merek es di Amerika yang populer di kalangan anak-anak.

Jell-O

Tunggu dulu, ini bukan singkatan dari Jennifer Lopez (J-Lo). Jell-O adalah merk puding buatan Kraft Foods untuk pencuci mulut berbahan gelatin bening warna-warni.

Jangankan Mbak Jujuk, tidak sedikit orang Indonesia yang masih belum tahu asosiasi kata-kata di atas. Ingin tahu lebih banyak, silakan browse sendiri di google (mesin pencari kata di internet). Semua kata di atas, termasuk Google, adalah merek produk buatan Amerika yang karena populernya menjadi kata generik untuk menyebut barang-barang sejenis itu. (magenta)