Siapa yang tidak mengenal  batik. Sepertinya kita semua familiar dan pernah menggunakan batik dalam suatu kesempatan. Saat menghadiri resepsi pernikahan, acara kumpul keluarga, atau saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Batik begitu melekat dengan Indonesia. Busana ini adalah warisan budaya bangsa yang eksistensinya telah diakui oleh UNESCO.  Dalam perjalanannya, Batik Indonesia terus berkembang dan berevolusi.  Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, KABARI merangkum pendapat dari berbagai kalangan mulai dari desainer sampai selebritis mengenai Batik Indonesia.

 

1. Laila Al Khusna, Batik Siger by Una

Sekarang ini Batik,  Alhamdullilah sudah sangat maju perkembangannya daripada sebelum kita peringati Hari Batik Nasional. Sejak UNESCO menetapkan batik sebagai heritage milik Indonesia. Dari situ bergeliat para pengrajin batik untuk memproduksi batik dan bangga dengan batik Indonesia.   

Setiap tahun diperingati tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Tentu, sebagai penggiat Batik di Lampung, saya merasa bahagia dan bangga bahwa karya yang kami buat bisa memajukan wastra Indonesia khususnya batik.

 

2. Tari Made, Sakamade Boutique

Perkembangan Batik sekarang ini semakin menglobal, menggeliat dan penuh warna.

 

3. Riana Kusuma Astuti, Batik Riana Kesuma

Perkembangan batik saat ini sangat luar biasa kemajuannya karena anak-anak muda sudah peduli terhadap batik. Generasi di bawah saya seperti generasi milenial banyak sekali yang memiliki ide kreatif dan berlomba-lomba menciptakan batik dengan berbagai macam gaya. Dan itu menurut saya bagus untuk menambah market supaya orang terus mencintai batik dengan berbagai macam gaya.

Batik itu adalah identitas bangsa Indonesia dimana kemanapun kita pergi. Mengapa harus dilestarikan karena batik itu dibuat dengan jiwa.

Batik ini produk kerajinan dari para pelaku industri. Banyak yang membuat batik berasal dari pedesaan. Mereka memiliki talenta dan jiwa dalam membatik. Harapannya batik jangan tergerus oleh batik printing.

 

4. Michelle Hadip, Desainer

Perkembangan batik saat ini sudah baik karena sudah dikenal secara nasional dan internasional, juga digunakan oleh berbagai usia. Desain dan motifnya juga sudah modern dan makin menarik.

Batik ini penting untuk selalu digunakan karena menunjukkan kecintaan terhadap budaya Indonesia dan meneruskannya ke generasi berikutnya. Batik adalah warisan budaya sehingga kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dan menumbuhkan kecintaan terhadap batik.

 

5. Eva Belisima, Selebritis Pecinta Batik

Sangat bangga dan mengapresiasi sedalam-dalamnya buat para para pelaku usaha dan penggiat batik yang ikut mengembangkan dan membesarkan batik yang merupakan salah satu dari kebanggaan Indonesia. 

Batik adalah warisan budaya Indonesia yang harus terus dilestarikan, dikembangkan dan dibesarkan agar batik menjadi identitas bangsa Indonesia dari generasi ke generasi. Dengan melihat perkembangan batik sudah semakin luar biasa ini menumbuhkan rasa bangga untuk terus mencintai produk warisan budaya Indonesia.