Washington – KabariNews.com – Para aktivis, mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, mendirikan organisasi pemantauan terhadap kinerja KBRI yang diberi nama KBRIWatch.

Organisasi ini bertujuan memantau perkembangan mengenai Indonesia, serta permasalahan-permasalahan masyarakat Indonesia di AS.

Awalnya organisasi ini hanyalah sekumpulan orang-orang yang kritis terhadap kejadian-kejadian yang dilakukan oleh oknum-oknum pejabat KBRI di AS.

KBRIWatch yang awalnya dimotori oleh sebelas orang tersebut hingga kini terus memantau perkembangan masalah-masalah yang timbul seputar pelayanan KBRI.

Irwanrosyadi, salah seorang koordinator KBRIWatch di Washington D.C, menuturkan bahwa pendirian organisasi ini adalah sebagai upaya masyarakat Indonesia di luar negeri untuk mencegah dan memberantas upaya tindakan pidana korupsi yang dilakukan oknum-oknum petugas KBRI.

Hal ini bertujuan agar adanya transparansi perwakilan pemerintah RI di luar negeri untuk selalu membantu masyarakat Indonesia di luar negeri.

Selain itu, Irwan juga menambahkan bahwa organisasi ini beberapakali menemukan hal-hal yang dianggap janggal di lingkungan KBRI, di antaranya adalah adanya kepemilikan rumah atau mobil mewah yang dilakukan oknum di lingkungan KBRI, yang pada saat itu dianggap janggal bagi seorang pejabat KBRI untuk dapat memiliki barang mewah tersebut.

Saat ini perwakilan KBRIWatch berada di Washington D.C dan di Jakarta.

Klik di sini untuk dengar rekaman wawancaranya

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34403

Untuk Melihat artikel Amerika / KBRI-KJRI lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :