KabariNews – Sudah umum rasanya kalau garam digunakan sebagai bumbu masakan saja. Tahukah Anda, dibalik rasanya yang asin, garam juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa perawatan tubuh yang tentunya lebih hemat dan berkhasiat. Sejumput garam bisa bermanfaat untuk perawatan tubuh dan wajah. Mau coba?

Toner wajah

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, coba siasati dengan air garam sebagai toner alami. Siapkan satu botol seprot yang sudah disteril, isi dengan air hangat hingga 3/4 bagian. Tambahkan satu sendok teh garam, kocok hingga merata. Aplikasikan pada wajah, tapi hati-hati bagian mata. Semprot toner alami setelah wajah dibersihkan dari make up, biarkan sejenak baru kemudian seka dengan handuk bersih. Toner wajah ini bermanfaat untuk mengatasi minyak pada wajah.

Steam Wajah ( perawatan sebelum mengangkat kulit mati)

Sebelum melakukan pengelupasan sel kulit mati, pori-pro wajah perlu dibuka agar semua kotoran yang menyumbat kulit bisa terangkat sempurna. Caranya dengan melakukan steam wajah. Dibutuhkan campuran air garam yang terdiri dari 1/2 cangkir garam laut dengan satu baskom kecil air mendidih. Tempatkan wajah tepat di atas baskom agar uap panasnya mengenai wajah. Tetaplah dalam posisi tersebut selama 10 menit. Setelah itu ikuti petunjuk scrub alami.

Scrub alami

Garam bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit. Sebagai scrub alami, garam mampu mengikis sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. Caranya, campurkan satu sendok teh garam dan satu sendok teh minyak zaitun dalam wadah kecil. Setelah merata, balurkan ke wajah secara merata. Pijat lembut setiap bagian wajah dengan gerakan melingkar hingga ke leher. Setelah selesai, diamkan beberapa saat agar meresap sempurna, baru kemudian bilas dengan air bersih. Rasakan kulit wajah lebih lembut dari sebelum pemakaian. Wajah bisa nampak lebih cerah dan flek-flek hitam memudar.

Spray rambut

Ingin pergi ke pesta tapi tidak sempat ke salon? Ada cara mudah mendapatkan rambut maksimal tanpa harus di-blow. Ciptakan rambut bergelombang dengan campuran air dan garam laut. Siapkan bahan berikut: botol kosong steril, air hangat, satu sendok teh garam laut, 1/2 sendok teh minyak kelapa, dan gel rambut. Campurkan semua bahan menjadi satu dalam botol, lalu kocok hingga semua bahan rata. Semprotkan ke rambut, sambil terus dirapikan sesuai dengan keinginan Anda. Rambut akan terlihat lebih bergelombang dan bertekstur.

Meredakan letih dan kembali rileks

Berendamlah dengan air garam untuk mengembalikan kondisi tubuh yang letih karena aktivitas padat. Nikmati sensasi berendam air garam, badan akan dibuat rileks dan seperti dipijit alami. Campurkan air hangat dengan secangkir garam laut. Jika ingin suasana berendam lebih rileks, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk aroma terapi. Berendam air garam mampu meredakan nyeri otot dan meredakan stres. (1001)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72369

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan