Rambut

Rambut masih saja rontok meski sudah mencoba berbagai produk sampo dan hair tonic?. Kenapa tidak mencoba memakai bahan alami yang mudah ditemukan bahkan dipakai untuk memasak sehari-hari dan tersimpan di dapur kita.

Menurut Clinical Herbalist asal Canada, Paulina Nelega, rambut rontok itu akibat beberapa hal. Dari pola makan atau diet yang berantakan, stres, hormonal, serta akibat perawatan rambut yang salah. Mulai dari pemakaian sampo yang salah, cat rambut yang terlalu keras campurannya, bahkan hal kecil sering memakai macam pengering rambut, mengeringkan dengan mengacak rambut dan menyisir rambut saat basah juga mengakibatkan rambut rusak dan rontok.

Cobalah beberapa resep di bawah ini yang diberikan oleh Paulina dan beberapa pakar kecantikan di Amerika. Bahan-bahan yang dipakai tentu saja bahan-bahan alami yang mudah kita dapatkan di berbagai grocery store atau supermarket dengan harga terjangkau.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Pijatlah rambut dengan beberapa sendok makan minyak kelapa yang hangat, lalu balut dengan handuk dan diamkan sekitar 30 menit, kemudian keramas dengan sampo biasa. Takarannya tergantung panjang-pendeknya rambut. Jika ingin tidak terlalu lengket dan bau minyak, teteskan sedikit Lavender atau Chamomile essential oil. Selain dengan essential oil juga dapat juga dicampur dengan lidah buaya yang berbentuk jel.

Olive Oil

Minyak ZaitunSeperti juga minyak kelapa, minyak zaitun ini juga memiliki banyak manfaat. Untuk rambut rontok, cukup oleskan beberapa sendok teh dan diamkan sekitar 15 menit sebelum keramas. Juga dapat dicampur dengan Rosemary essential oil dan flaxseed oil. Caranya, campur lima sendok teh minyak zaitun, satu sendok teh Rosemary essential oil, dan lima sendok teh flaxseed oil. Usapkan di rambut, diamkan sekitar beberapa menit, kemudian bilas dan keramas dengan sampo.

Castor Oil

Castor OilCampurkan satu kuning telur dengan dua sendok makan castor oil dan satu sendok teh whole grain mustard. Setelah diusapkan di rambut, diamkan sekitar 5-10 menit saja, kemudian keramaslah seperti biasa.

Avocado Oil

Avocado OilBuatlah campuran dari avocado oil, alpukat dan jeruk nipis. Caranya, dua sendok makan perasan jeruk nipis, empat sendok makan avocado oil dan separuh buah alpukat di blender sampai cukup halus. Kemudian usapkan di rambut, tunggu 15 menit, baru dibilas dan keramas dengan sampo.
Satu lagi resepnya, campurkan dua sendok teh avocado oil dengan ¼ sendok teh essential sage oil, dua sendok teh almond oil dan ½ sendok teh kayu-manis bubuk . Usapkan di akar rambut dan balut dengan shower cap, tunggu sekitar 30 menit sebelum bilas dengan air hangat dan keramaslah seperti biasa.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa-1Guyurlah rambut dengan satu cup minyak kelapa, diamkan beberapa menit, kemudian bilaslah dengan air dingin dan memakai sampo seperti biasa. Dapat juga dicampur ¼ cup minyak kelapa dengan satu sendok makan ketumbar, usapkan di rambut dan pijat perlahan, diamkan beberapa menit, kemudian bilas. Setelah keramas, biarkan rambut kering alami.

Apple Cider Vinegar

Apple Cider VinegerMengguyur rambut dengan apple cider vinegar ini sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun lalu oleh penduduk di daerah Mediteranian. Mereka percaya bahwa kebiasaan itu dapat membuat rambut mereka lebih kuat, sehat dan bersinar. Cukup dua sendok makan apple cider vinegar, dicampur dengan sedikit bubuk chayenne pepper ke dalam satu cup air, kemudian guyur rambut dan pijat perlahan, diamkan beberapa menit, kemudian keramas.
Alternatif lain, dua kuning telur dicampur ½ cup air, usapkan dan pijat perlahan di kepala, diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air, disusul bilas dengan air yang dicampur dengan dua sendok makan apple cider vinegar. Lalu keringkan rambut secara alami. Ini juga untuk mengobati ketombe selain rambut rontok.(1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?56324

Untuk melihat artikel Mode & Gaya lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :