PT Bima Tikhe Berkat atau yang dikenal dengan brand usaha Pulau Coffee baru – baru ini telah menandatangani kerja sama distributor eksklusif dengan salah satu importir asal Belanda dalam kerjasama penjualan biji kopi mentah (green beans) asal Indonesia. 

Biji kopi tersebut, rencananya akan dipasarkan di sejumlah negara di Eropa dan Afrika yaitu Maroko melalui hubungan kerjasama di Belanda.

Verra Victoria. MBA selaku owner Pulau Coffee menjelaskan bahwa dengan terjalinnya kerjasama distribusi ini bisa memberikan jangkauan pasar yang lebih luas bagi masyarakat Eropa, dan Afrika khususnya Maroko supaya mudah mendapatkan kopi varietas terbaik dari Indonesia.

Selain itu, ia menambahkan bahwa pasar Turkey merupakan pasar yang akan menjadi target market ditahun ini. Verra pun mengungkapkan, selama pergi ke Turkey beberapa hari kemarin pernah bertemu langsung dengan beberapa importir kopi di wilayah tersebut. 

Kerjasama distribusi ini direncanakan akan diberlakukan selama tiga tahun kedepan dan diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi untuk bisa tembus pasar ke negara lainnya.

Dengan adanya kerja sama tersebut Pulau Coffee siap mengirimkan biji kopi dari varietas Sumatera, Jawa dan Toraja, yang telah dikenal di dunia usaha perkopian. Verra juga sempat melakukan beberapa riset ringan mengenai pasokan kopi Indonesia di negara Turkey, dan menurutnya negara tersebut akan bisa menjadi target market.

“Kopi Indonesia di Eropa hanya dikenal beberapa origin saja seperti Sumatera Mandheling dan Sulawesi Kalosi yang sudah lama dikenal masyarakat Eropa, dengan kerjasama ini maka diharapkan kopi dari daerah lain, yang juga memiliki citra rasa tinggi juga mendapatkan tempat yang sama untuk dikenalkan di kawasan Eropa dan sekitarnya sehingga kopi Indonesia bisa bersaing dengan Kopi dari Amerika Latin dan Afrika, ” ungkap Verra Victoria yang juga aktif sebagai Pengurus dan Komite Perdagangan Indonesia Business Council untuk Qatar dan Kuwait.

Kedepannya Pulau Coffee akan lebih fokus mengenalkan beberapa varietas biji kopi dari berbagai wilayah di Indonesia yang belum dikenal oleh masyrakat Eropa, dan hal tersebut merupakan peluang yang baik, terlebih saat ini Pemerintah Indonesia sedang mendukung kegiatan Bisnis Ekspor produk perkebunan khususnya Kopi untuk menjadi salah satu komoditi unggulan ke depannya.

PT Bima Tikhe Berkat memiliki dominasi pasokan kopi di wilayah Sumatera Utara dan juga sudah banyak melakukan kerjasama dengan para petani kopi di berbagai daerah di Indonesia. 

Selain itu, PT Bima Tikhe Berkat juga sudah malang melintang dalam mengikuti berbagai kegiatan pameran Internasional baik di Eropa, Asia dan Timur Tengah. 

Beberapa produk “Ready to Drink” dan juga biji kopi kemasan sudah ada di Retail Kemchick Pacific Place dan Pantai Indah Kapuk 2 yang dikenal dengan Brand Pulau Coffee-nya sejak tahun 2018.