Hemorrhoid atau ambeien/wasir adalah suatu kondisi pembengkakan atau pembesaran vena di rektum atau anus. Pembengkakan tersebut akan memperlihatakan gejala berupa anus yang mengalami benjolan yang keluar dari anus penderita ambeien/wasir, dan akan merasakan nyeri, perasaan tidak enak, hingga gatal, bahkan bisa terjadi perdarahan lewat anus.

Pada prinsipnya ambeien (hemorroid) melibatkan pembuluh darah di dalam rektum. Secara struktural atau anatomi, hemorrhoid terdiri atas dua jenis, yaitu: hemorroid internal biasanya tidak terlihat, karena terletak didalam bagian dalam anus, tetapi hemorroid internal, biasanya disertai perdarahan tanpa rasa sakit. Kadang-kadang, wasir internal dapat meregang kebawah bahkan menonjol keluar anus. Ini disebut wasir prolapse. Pada wasir prolapse akan masuk kembali ke dalam rektum pada saat dengan lembut didorong kembali ke dalam.
Meskipun wasir terjadi pada sebagian besar orang dewasa, namun, ambeien ini akan menimbulkan masalah jika ambeien tersebut membesar. ambeien menyebabkan masalah yang sama pada pria dan wanita, dan puncak prevalensi mereka antara usia 45 dan 65 tahun.

Mekanisme munculnya Ambeien

Secara struktural atau anatomi pada rektum dan anus didarahi oleh arteri yang mensuplai darah ke lubang anus. Pembuluh darah ini berjalan ke kanal dari rektum atas dan membentuk jaringan yang kaya arteri dan berkomunikasi satu sama lain di sekitar anus. Karena jaringan di sekitar anus, kaya pembuluh darah, sehingga kalau terjadi ambeien, dapat mengalami pendarahan dari wasir, berwarna terang merah (darah yang berasal dari arteri) dari pada merah gelap (darah vena), bahkan pendarahan dari ambeien kadang-kadang menjadi parah.

Pembuluh darah dubur mengalirkan darah dari lubang anus dan wasir. Vena mengalir dalam dua arah. Arah pertama adalah atas ke dalam rektum, dan yang kedua adalah ke bawah di bawah kulit di sekitar anus.

(Gambar 1: Stuktur anatomi Rektum dan sistem pembuluh darahnya)

Jika wasir berasal di bagian atas (sisi dubur) dari lubang anus, ini disebut sebagai wasir internal. Jika berasal di ujung bawah dari lubang anus dekat anus, ini disebut sebagai wasir eksternal. Secara teknis, perbedaan antara wasir internal dan eksternal dibuat atas dasar apakah

Ada beberapa teori tentang penyebabnya ambeien, misalnya: asupan serat yang tidak memadai, terlalu lama duduk di toilet, dan tekanan yang berlangsung lama dan menyebabkan pergerakan usus (sembelit). Demikian pula, kehamilan merupakan salah satu penyebab wasir yang umum. Tumor di panggul juga menyebabkan pembesaran wasir dengan menekan pada pembuluh darah mengalir ke atas dari lubang anus.

Satu fakta fisiologis yang diketahui tentang ambeien membesar yang mungkin relevan untuk memahami mengapa mereka membentuk, tekanan meningkat pada sphincter anal (otot yang mengelilingi lubang anus). Sphincter anal adalah otot yang memungkinkan kita untuk mengontrol buang air besar. Hal ini tidak diketahui, namun, jika tekanan ini tinggi mendahului pengembangan wasir membesar atau merupakan hasil dari ambeien. Seperti pada saat buang air besar, dan memaksa anus membesar.

Gejala Ambeien

Ada dua jenis saraf di anus, yaitu: saraf visceral (di atas garis dentate) dan saraf somatik (di bawah garis dentate). Pada saraf kulit sehingga mampu merasakan sakit. Saraf visceral seperti saraf usus dan tidak merasakan sakit, hanya tekanan. Oleh karena itu, wasir internal, yang berada di atas garis dentate, biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Hemorrhoid internal terus membesar, maka tonjolan ke dalam lubang anus. Bahkan mungkin akan mendorong kebawah, sehingga lapisan rektum, akan kehilangan lapisan penahan, dan selanjutnya anus menjadi. Kondisi ini disebut sebagai Ambeien internal. Dalam lubang anus, ambeien terkena trauma lewat tinja, terutama tinja yang keras terkait dengan sembelit. Trauma dapat menyebabkan nyeri perdarahan dan kadang-kadang ketika melewati tinja. Lapisan dubur yang telah ditarik ke bawah lendir secretes dan membasahi anus dan kulit di sekitarnya. Tinja juga bisa bocor ke kulit anal. Hal ini akan menyebabkan rasa gatal-gatal anus (pruritus anie).

Bahkan dalam tahap selanjutnya dapat terjadi infeksi dan gangrene membutuhkan perawatan medis.

Pencegahan dan Pengobatan

Berdasarkan faktor penyebab ambeien, gejal yang muncul umumnya disebabkan oleh kebiasaan makan yang kurang berserat, serta terlalu lama duduk, dan mengedan, serta berbagai faktor-faktor lain yang bisa menimbulkan ambeien.

Cara terbaik untuk mencegah munculnya ambeien adalah dengan berusaha menyeimbangkan pola makan. Khususnya, sebaiknya makan makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, serta membiasakan diri untuk mengatur pola hidup dengan olah raga yang teratur serta meminum air yang cukup.

Jika telah menderita ambeien, maka ada beberapa produk yang digunakan untuk pengobatan wasir yang tersedia sebagai salep, krim, gel, supositoria. Salep, krim, dan gel – bila digunakan di sekitar anus, harus diberikan sebagai penutup tipis. Ketika diterapkan pada anus, produk ini harus dimasukkan dengan jari atau “tube.” Tube adalah yang paling efisien ketika mereka memiliki lubang di sisi serta di akhir. Tube harus dilumasi dengan salep sebelum dimasukkan. Supositoria tidak memiliki keunggulan dibandingkan salep, krim, dan gel.

Sebagian besar produk mengandung lebih dari satu jenis bahan aktif. Hampir semua mengandung pelindung selain bahan lain. Ada beberapa contoh dari merek-nama produk yang mengandung salah satu bahan selain pelindung yang dibahas di bawah ini.

1). Anestesi lokal: Anestesi lokal sementara meredakan rasa: nyeri, terbakar, dan gatal-gatal dengan ujung saraf. Penggunaan produk ini harus dibatasi ke daerah perianal dan lubang anus lebih rendah. Anestesi lokal dapat menyebabkan reaksi alergi, sehingga penggunaannya harus hati-hati.
2). Vasokonstriktor: vasokonstriktor adalah bahan kimia yang menyerupai epinefrin, zat kimia alami. Diberikan pada anus, vasokonstriktor membuat pembuluh darah menjadi lebih kecil, yang dapat mengurangi pembengkakan. Demikian, juga dapat mengurangi rasa sakit dan gatal-gatal karena efek anestesi ringan mereka.

3). Protectants: hal ini untuk mencegah iritasi pada daerah perianal dengan membentuk penghalang fisik pada kulit, dan mencegah kontak kulit yang teriritasi dengan cairan yang merusak atau tinja dari dubur. Protectants, ini mengurangi iritasi, gatal, nyeri, dan terbakar.

4). Astringents: membantu koagulasi dari protein dalam sel-sel pada kulit perianal atau lapisan anus. Sehingga, meningkatkan kekeringan pada kulit anus, yang pada gilirannya membantu meringankan atau menghilangkan rasa: terbakar, gatal, dan nyeri.

5) Kortikosteroid: untuk mengurangi peradangan dan dapat mengurangi rasa gatal, tetapi penggunaan kronis kortikosteroid dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Sehingga zat ini hanya boleh digunakan dalam jangka pendek untuk beberapa hari hingga maksimal dua minggu.

Jika usaha-usaha pencegahan, demikian pula pengobatan secara konvensional dengan obat-obatan kimia belum meradahkan gejala, maka langkah selanjutnya adalah dengan tindakan operasi atau surgery yang disebut Hemorrhoidectomy.(1005)

(Gambar 3: Teknik operasi untuk menghilangkan hemorrhoids)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?51684

Untuk melihat artikel Amerika / Kesehatan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :