Riau, KabariNews.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Pekanbaru, merawat bayi berkepala dua.

Bayi dari pasangan Badrun (33) dan Nuryati (23) ini lahir pada hari Kamis (23/7) lalu, melalui operasi caesar di RSUD Indragiri Hilir, Riau.

Melihat kondisi bayi yang tidak normal, pihak rumah sakit langsung merujuk bayi tersebut ke RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

Direktur RSUD Arifin Achmad, Yulwiriati Moese dalam keterangannya pada hari Sabtu (25/7) menuturkan, bahwa semua biaya persalinan akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak rumah sakit.

“Segala biaya perawatan akan ditanggung oleh rumah sakit, pihak keluarga hanya diminta untuk mengurus surat keterangan miskin untuk proses administrasi,” ucap Yuliwiriati.

Kebijakan tersebut diambil karena kedua orangtua bayi berasal dari kalangan keluarga tidak mampu.

Kelahiran bayi berkepala dua ini merupakan kasus kelahiran pertama di Indonesia.

Bayi yang lahir pada pukul 20.00 WIB serta memiliki berat 3,2 kg dan panjang 43 cm ini,  memiliki empat tangan serta dua tulang belakang.

Tim dokter masih memeriksa kondisi paru-paru dan jantung bayi tersebut.

“Hingga kini kami belum dapat memastikan berapa jumlah jantung dan paru-paru pada bayi tersebut. Rontegen sudah kita lakukan tapi tetap perlu melakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh,” ucap Riza Iriani Nasution, Ketua Tim Dokter RSUD Pekanbaru. 

Untuk merawat bayi ini, RSUD Arifin Achmad menurunkan sedikitnya delapan dokter untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan kesehatan bayi.

Kedelapan dokter tersebut terdiri dari Direktur RSUD Arifin Ahcmad, Yulwiriati Moese, Direktur Medik dan Keperawatan dr Riza Iriani Nasution SpA, spesialis anak dr Nazardi Oyong, Harry Mangunsong dan dr Dewi Anggraini, spesialis jantung dr Diah Siswanti, spesialis bedah anak dr Tubagus Odih, dan Andreas Makmur spesialis Radiologi.

Dokter Spesialis Bedah Anak, dr Tubagus Odih, yang tergabung dalam tim tersebut menuturkan bahwa, kasus ini tergolong langka dan baru pertama kali di Indonesia

Hingga kini, orangtua bayi belum memberikan nama untuk anaknya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33484

Untuk melihat Berita Indonesia / Kesehatan lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :