Flu

Musim dingin sudah datang. Itu artinya juga, ‘selamat datang batuk, pilek dan segala gejala flu’. Jangan sampai musim dingin yang mestinya kita bisa nikmati dengan bermain salju, berlibur keluar kota atau berkumpul bersama keluarga di rumah sambil menghangatkan badan, jadi berantakan karena kita terbaring di tempat tidur.

Mulai bulan November sampai Mei adalah bulan dimana kita mesti waspada terhadap serangan flu. Karena pada bulan-bulan itu temperatur cuaca tak menentu. Hujan dapat mengguyur sehari-hari, angin besar, pun salju datang bergantian. Jadi, jagalah stamina tubuh tetap kuat agar tahan terhadap serangan cuaca dingin. Dengan makan makanan sehat, banyak minum air putih serta rajin berolahraga. Flu shot juga dapat menjadi satu alternatif untuk mencegah flu. Tapi apabila gejala batuk, pilek, tenggorokan sakit terlanjur menyerang, cobalah beberapa resep di bawah ini.

Rebus 1 cup air, tuangkan ke dalam tempat yang berisi dua sendok teh daun sage, boleh segar atau kering, tutup tempat itu dan diamkan sekitar 20 menit. Kemudian saring dan campurkan ¼ ons garam ke dalam rebusan air itu. Gunakan untuk berkumur saat tenggorokan mulai sakit. Simpan di dalam lemari es.

Siapkan 3 cup air, 5 tetes minyak esensial lavender, 5 tetes minyak esensial rosemary dan 5 tetes minyak esensial bergamot. Rebus air dan campurkan semua minyak esensial itu. Setelah matang, letakkan di meja, lalu tundukkan kepala di atas air rebusan, tutup kepala dengan handuk sehingga uap dari air rebusan mengumpul didalamnya. Hirup beberapa kali pelan-pelan. Istirahat sejenak dengan melepas handuk. Kemudian diulang sampai kepala dan hidung terasa ringan.

Buatlah antiseptik untuk disemprotkan ke tenggorokan yang terasa sakit dan gatal. Caranya, campurkan 15 tetes minyak esensial Lemon dengan 5 tetes minyak esensial peppermint, ¼ cup air dan ¼ cup lemon jus. Masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, buka mulut dan semprotkan pelan-pelan ke arah tenggorokan yang sakit.

Hangatkan tubuh dengan minyak oles buatan sendiri. Campurkan 10 tetes minyak esensial eucalyptus, 10 minyak esensial peppermint, 3 tetes minyak esensial thyme dan 1/8 cup Olive Oil. Usapkan pada dada dan tenggorokan. Agar terasa lebih hangat, setelah minyak diusapkan, tempelkan handuk kecil hangat diatasnya.

Untuk meredakan batuk, campurkan ¼ sendok teh Cayenne pepper, ¼ sendok teh jahe, 1 sendok makan cider vinegar organic, 2 sendok makan air. Aduk sampai tercampur semua, kemudian masukkan 1 sendok makan madu. Lebih dianjurkan raw honey atau madu lokal. Minumlah 1 sendok makan saat batuk sangat mengganggu. Jangan lupa aduk dulu sebelum di minum.

Kalau biasanya membeli inhaler di apotek, bisa juga dicoba membuat sendiri dengan campuran garam batu yang ditetesi beberapa minyak esensial peppermint atau eucalyptus atau bisa keduanya. Masukkan ke dalam botol kecil yang dapat dibawa kemanapun dan hirup saat hidung tersumbat. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?60454

Untuk melihat artikel Amerika / Kesehatan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan