Bagi Anda yang suka masak, pasti tidak asing lagi dengan rempah yang satu ini. Daun salam, biasanya digunakan untuk penyedap masakan karena aromanya yang khas. Tak sekedar untuk bumbu ternyata, tapi daun salam juga bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Berdasarkan penelitian oleh beberapa ahli, daun berbentuk elips ini menghasilkan minyak asiri dari kromatografi gas yang dikandungnya, juga memiliki 28 gas komponen salah satunya eugenol.

Kromatografi lapis tipis yang menghasilkan minyak asiri terdiri dari seskuitepen lakton yang mengadung fenol. Minyak asiri sendiri dipercaya dapat menghabat pertumbuhan E.Coli sebesar 40 persen.

Tak hanya itu saja manfaatnya. Daun salam juga dapat digunakan untuk terapi berbagai penyakit seperti hipertensi, maag, asam urat dan lainnya. Anda tertarik mencoba resep tradisional? berikut ini ada beberapa cara penggunaan daun salam untuk menyembuhkan beberapa penyakit :

Obat asam urat

Siapkan 10 lembar daun salam, rebus bersama 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring atau pisahkan daun salam, kemudian minum selagi hangat.

Obat sakit maag

Gunakan 20 lembar daun salam, cuci bersih. Rebus dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula Jawa secukupnya, biarkan dingin. Minum air rebusan daun salam setiap hari sampai rasa perih dan kembung di lambung hilang.

Obat hipertensi

Cuci bersih 10 lembar daun salam sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, dinginkan. Setelah dingin minum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Obat diabetes

Rebus 15 lembar daun salam dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, dinginkan. Saring dan minum airnya, minum 1 gelas sebelum makan. Lakukan untuk 2 kali sehari.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?50718

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :