Anda pasti sering menemukan sayuran bumbu ini dalam masakan yang Anda makan. Ya, ini adalah daun bawang, yang biasa digunakan sebagai bumbu untuk masakan. Aromanya yang sedap bisa menambah cita rasa masakan. Tapi Anda juga perlu tahu, bahwa daun bawang ternyata punya khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Tak hanya bisa melezatkan masakan, daun bawang juga dipercaya untuk menambah kekebalan tubuh.

Dari beberapa penelitian, daun bawang dipercaya bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena di dalam daun bawang terkandung komponen sulfur yang menghasilkan aroma menyengat, nah sulfur itulah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, antibiotik yang terkandung di dalamnya juga berfungsi sebagai antibakteri dan anti radang sehingga bisa menjaga tubuh dari infeksi.  Bagi penderita anemia, daun bawang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, karena mengandung zat besi tinggi. Daun bawang juga mengandung protein ferropotin yang berfungsi sebagai pengantar yang baik untuk zat besi ke dalam tubuh.

Bagi penderita jantung, sayuran yang berbentuk batang daun ini juga baik. Kandungan polisulfida dalam daun bawang berfungsi menjaga jantung dari berbagai penyakit. Kandungan lain yang ada dalam daun bawang adalah mangan, yaitu mineral pemicu produksi kolesterol baik dalam tubuh. Daun bawang merupakan sumber vitamin A, K dan vitamin C.

Anda bisa menyertakan daun bawang pada masakan Anda. Tidak perlu terlalu banyak, hanya secukupnya saja. Daun bawang biasanya digunakan untuk bumbu sayur sup, telur dadar, martabak, oseng-oseng, dan masakan lainnya. Daun bawang sangat mudah ditemukan, di pasar mau pun di supermarket  dan harganya juga relatif murah.

Daun bawang bisa digunakan sebagai obat alternatif.

Ada dua jenis bawang daun, yaitu bawang bakung (allium fistulosum) atau bawang semprong / sibol dan bawang prei (allium porrum) atau leek. Yang pertama memiliki umbi kecil dengan daun bulat, panjang, dan berlubang seperti pipa. Sedang yang kedua tidak memiliki umbi dengan daun panjang, pipih berpelepah panjang, dan liat.

Bawang Daun diketahui banyak mengandung saponin, tanin, dan minyak asiri Dengan kandungannya tersebut, Bawang Daun berkhasiat untuk meredakan perut kembung, batuk, flu, sesak nafas karena flu, diuretik, diaforetik, nyeri sendi dan anti radang; menghilangkan bengkak karena bisul; serta menghilangkan bebas gigitan serangga.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53648

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :