Teh, kita semua mengetahuinya. Namun, tahukah teh kualitas apa yang sedang kita minum? Padahal, kualitas teh sangat mempengaruhi rasa dan manfaatnya bagi tubuh. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui kualitas teh asli Indonesia. Indonesia pernah menjadi negara produsen teh terbaik di dunia. Kebanyakan teh yang beredar dan dikonsumsi di Indonesia bukan kualitas terbaik. Teh premium Indonesia lari ke luar negeri dan kembali ke Indonesia setelah dicampur, dipasang merek teh impor dan harganya berlipat.

Sulitnya Membuat Teh Berkualitas

Untuk mendapatkan segelas teh yang berkualitas, diperlukan keterampilan dan pengetahuan menyeduh teh dengan baik. Mulai dari suhu dan kualitas air, lama menyeduh, cara menyeduh, kuantitas teh, cara menyimpan teh yang benar hingga pemilihan bahan baku teh yang berkualitas. Untuk bahan baku teh sendiri, banyaknya mencapai 50 jenis. Cukup rumit jika hendak mencoba di rumah. Namun, jika ingin mencoba teh berkualitas dan tak perlu keluar duit, bisa dikunjungi Kedai Teh Laresolo.

Menggunakan Teh Premium Indonesia

Kedai teh yang berpusat di Agripark, Taman Kencana Bogor ini menggunakan teh premium Indonesia dengan kualitas nomor 1. Bambang Laresolo, seorang Tea Specialist sekaligus pemilik kedai teh ini menjelaskan, “kami, menggunakan semua jenis teh, baik itu teh hitam, teh hijau, teh Oolong dan teh putih. Untuk teh hijau kami menggunakan kualitas Gun Powder, teh putih kualitas Silver Needle, semua dari Perkebunan Dewata Bandung. Sedangkan untuk teh Oolong, kami menggunakan teh Banten, dari Perkebunan Hegarmanah Banten. Teh hitam berasal dari Wonosobo, kualitas BOP. Ada juga teh hitam kualitas TGFBOP dari Perkebunan Dewata Bandung.”

Bermula dari Dunia Maya

Kedai teh ini bermula dari blog Kedai Teh Laresolo di dunia maya. Bambang yang kala itu tertarik dengan teh, mulai mencari informasi sekaligus berbagi pengetahuan mengenai teh. Pada tahun 2010, kedai teh dunia maya itu benar-benar hadir di Bogor dan disambut dengan baik oleh para pencinta teh. Bambang berniat ingin menularkan virus cinta teh ke seantero dunia. Langkah awal tersebut, kini telah menunjukkan hasil dengan dibukanya outlet kedua di Bogor dan ketiga di Yogyakarta.

Disukai Berbagai Kalangan

Pelanggan kedai ini datang dari sekitar Bogor dan Jakarta terdiri dari mahasiswa, hingga peminat teh yang fanatik termasuk para asing lainnya. Keunikan teh di kedai ini adalah aneka rupa menu teh yang disajikan. Tidak kurang dari 35 jenis teh bisa dipilih. Harganya mulai dari Rp 10.000 – Rp 50.000. “Dari yang paling diminati, untuk Fun Tea adalah teh dengan rasa buah seperti Red Berries dan Fruit Paradise. Untuk teh serius, pelanggan mengatakan, yang paling enak adalah Ti Kuan Yin Monkey Picked,” imbuh Bambang.

Memang, setelah mencoba teh racikan di sini, ada sensasi rasa berbeda. Racikan teh terasa segar, aromanya kuat dan ada sensasi rasa yang melekat di lidah. Tidak sedikit pelanggan yang merasakan kenikmatan teh racikan di kedai ini, bercerita kepada teman atau kerabatnya. Tak heran, kedai mini ini selalu dipenuhi para pelanggan.

Di sela-sela kesibukannya sebagai narasumber berbagai acara seputar teh dan mengurus outletnya, Bambang masih menyempatkan waktunya untuk berbagi. Di kedai inilah, Bambang sering membagikan pengetahuan mengenai teh kepada para pelanggan.

Bagi pelanggan yang terbatas karena jarak, Kedai Teh Laresolo menerima pembelian teh secara online. Untuk harga, berkisar dari Rp. 10.000 hingga Rp. 150.000. (1008)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?54749

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :