visa-amerika

Menuntut ilmu ke luar negeri memang menggiurkan, terlebih lagi dengan belajar di negeri Paman Sam. Dengan segala macam fasilitas pendidikan dan kualitasnya, ribuan pilihan sekolah di Amerika selalu menjadi incaran bagi orang Indonesia. Namun sekedar catatan, untuk melakukan studi ke Amerika, terlebih dahulu Anda harus mempunyai visa, yaitu visa pendidikan. Tentu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendapatkannya? Apakah susah atau mudah? Bagaimana prosedurnya? Nah, memperoleh visa pendidikan caranya sebenarnya cukup mudah. Hanya saja untuk mendapatkan ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Sebelum bisa mendapatkan visa pendidikan, terlebih dahulu ada beberapa hal yang harus diketahui secara garis besarnya. Terdapat lima tahapan yang harus dilalui sebelum menuju kepada bagaimana cara mendapatkan visa pendidikan. Lima tahapan itu meliputi, research, aplikasi, financing study, apply for visa, departure. Research atau meneliti mempunyai pengertian memberikan pengetahuan kepada calon pelajar mengenai sekolah-sekolah yang ada di Amerika berdasarkan lokasi, jurusan, dan yang lainnya. Setelah itu, aplikasi yaitu lebih untuk bagaimana cara mendaftarkan diri ke universitas.

Kemudian Financial Study, tentu kemampuan calon pelajar ada yang mampu ada pula yang mampu. Bagi yang tidak mampu dapat menggunakan fasilitas beasiswa. Beasiswa dapat dikeluarkan dengan beberapa syarat, salah satunya adalah catatan prestasi akademiknya di sekolah. Setelah Financial Study, kemudian Apply for Visa, calon pelajar sebelumya harus mendapatkan LOA (Surat keterangan telah diterima oleh universitas), dalam LOA akan dijelaskan tahapan-tahapannya, setelah diterima calon pelajar harus menkonfirmasi ke pihak sekolahnya. Karena jika tidak dikonfirmasi, LOA tersebut bisa hangus.

Setelah itu calon pelajar akan mendapatkan I-20, yaitu surat langsung dari universitas, yang berisikan salah salah satunya pelajar sudah diterima dan mampu untuk membiayai biaya pendidikan baik beasiswa atau tidak. I-20 ini merupakan salah satu prasyarratan untuk mendapatkan visa pelajar ke Amerika. Proses tidaklah terlalu berbelit, sebab untuk mendapatkan visa pelajar asalkan sudah diterima di sekolah yang dituju dan sudah tahu tahu membiayai pendidikannya di Amerika. Dalam dua-tiga hari visa pendidikan pun dapat diperoleh. Sekedar tambahan, persiapkan segala surat yang digunakan sebagai prasyaratannya visa pendidikan pun mudah untuk didapatkan. Salah-salah jika dokumen tidak lengkap, Anda bisa gigit jari tidak dapat bisa mendapatkan visa pendidikan.

student visa

Kualifikasi untuk visa (F, M, atau J) untuk belajar di Amerika Serikat jauh lebih mudah daripada yang dipikirkan. Lebih dari 95 persen dari semua pemohon visa pelajar Indonesia memenuhi syarat untuk visa. Namun sebelumnya harus mengetahui, visa pelajar yang mana yang tepat bagi Anda? Untuk F, siswa di lembaga akademis tradisional, misalnya sekolah tinggi, perguruan tinggi masyarakat, Kursus bahasa Inggris atau universitas. Sedangkan M untuk siswa kejuruan. Dan J untuk pertukaran pendidikan atau mahasiswa program pemerintah.

Dan waktu yang tepat untuk melakukan proses mendapatkan visa adalah hari Senin. Pasalnya, hari itu adalah hari visa pelajar dan dijamin pertemuan untuk semua pemohon visa F, M, dan J. Siswa dapat mengajukan visa F sampai dengan 120 hari sebelum dimulainya kelas tercatat di I-20. Setelah mendapatkan visa F, siswa dapat melakukan perjalanan ke AS selama 30 hari, sebelum tanggal mulai I-20. Untuk mengajukan permohonan visa pelajar, Anda harus: memiliki paspor yang berlaku, bukti penerimaan di sekolah (I-20, I-20M atau DS-2019), memiliki bukti dana untuk membayar studi Anda, membayar biaya permohonan visa ,dan mengikuti prosedur visa secara online yang tercantum dalam http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/. (1009)

Untuk share artikel ini klik www.kabariNews.com/?66118

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

jason_yau_lie

 

 

 

 

Kabaristore150x100-3