KabariNews – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir 20 situs terkait MMM ( Mavrodi Mondial Moneybox ) . Pemblokiran didasarkan atas   pengaduan yang disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) kepada Kementerian Kominfo. Dan setelah melalui proses kajian yang dibahas dalam Panel Investasi Ilegal, Penipuan, Obat Makanan , Perjudian dan Narkoba,  maka Panel mengusulkan kepada Menteri Kominfo untuk memblokir 20 situs tersebut.

Seperti dilansir dari siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika, Minggu ,(19/4), pertimbangan yang mendasari pemblokiran 20 situs tersebut dirangkum dalam tiga kesimpulan setelah melalui kajian pembahasan dalam tim Panel, yaitu  situs MMM tersebut tidak memiliki Badan Hukum serta domisili hukum yang menyelenggarakan transaksi elektronik  tidak memiliki struktur organisasi yang jelas dan  adanya pernyataan kekhawatiran masyarakat terhadap dana yang digunakan untuk mengikuti kegiatan MMM.

Berdasarkan atas konfirmasi dari institusi anggota Satuan Tugas Waspada Investasi dalam rapat Satuan Tugas, diketahui bahwa MMM tidak terdaftar sebagai pihak yang memiliki izin, pendaftaran, atau persetujuan dari instansi anggota Satgas (tidak memiliki perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, maupun Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Selain itu legalitas kegiatan usaha MMM tidak diperoleh gambaran bahwa aliran dana dalam MMM tidak menggunakan rekening tertentu milik Admin (pengelola situs), melainkan langsung antar rekening (rekening bank milik Provide Help ke Rekening bank milik Get Help. Dengan demikian tidak tergambar adanya penghimpunan dana, namun terjadi penggerakan/pergerakan dana. Tidak tergambar adanya/timbulnya kewajiban hukum yang bersifat  finansial antara Provide Help dan Get Help. Konsekuensi yg timbul jika ada peserta yang tidak mematuhi turan hanyalah: mem-blacklist dan merilis blacklist tersebut dalam situs Admin

Adapun 20 situs yang dimintakan ke ISP untuk diblokir, yaitu :

  1. Indonesia-mmm_net
  2. mmmindonesialegal.com
  3. klikmmm.com
  4. websupportmmm.com
  5. bisnismavro.com
  6. mmmindonesiaclub.com
  7. mmmindonesian.com
  8. bisnis3m.com
  9. mmmindonesia1.com
  10. mmmlovers.com
  11. mmmindo.com
  12. lk.sergeymavrodi.com
  13. lk.sergey-mavrodi-mmm.org
  14. mmmcommunity.net
  15. mmmindonesia9.com
  16. mmm-dotinfo.com
  17. mmmincome.com
  18. 2012.sergey-mavrodi.ms
  19. 2012.sergey-mavrodi-mmm.net
  20. 2012.sergeymavrodi.com.