KabariNews – Pentas musik di Indonesia tahun 2017 menjadi makin berwarna. Aneka pertunjukan musisi Indonesia lintas genre dan generasi menggeliat semakin beragam.

Di tengah serbuan konser musik international, beberapa grup musik Indonesia yang tetap dan terus memberikan pengaruh dalam warna musik Indonesia akan menggelar pentas bersama.

Lima supergroup tanah air akan tampil dalam konser kolosal bernama 5UPERGROUP Live in Concert yang akan digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, pada 21 November 2017 mendatang.

Konser pertama di Indonesia yang berisi band terbaik kelas supergroup dari berbagai genre utama seperti rock, fusion jazz dan pop hasil pilihan polling suara netizen yang diadakan oleh XI Creative The Promotor, dianggap memenuhi kriteria untuk tampil.

Diantaranya rekam jejak jam terbang lebih dari 20 tahun, masih berkarya hingga saat ini, personel kelas maestro musik, musikalitas yang solid, manajemen, jumlah fans, mengelola sosial media, serta jumlah album dan lagu hitsnya.  Maka terpilih nama God Bless, Krakatau, Kahitna, Gigi serta Sheila on 7 dalam pentas ini.

God Bless merupakan legendaris rock band Indonesia ini berkibar dengan 6 album sudah hampir 50 tahun sejak tahun 1973. Lagu-lagu seperti “Semut Hitam”, “Kehidupan”, “Huma Di atas Bukit”, “Rumah Kita” adalah lagu-lagu mereka yang begitu populer. Band pembuka pada konser Deep Purple di Jakarta (1975) saat ini terdiri dari Achmad Albar, Donny Fattah, Ian Antono, Abadi Soesman dan Fajar Satritama hingga kini masih begitu eksis di kancah musik Indonesia.

“Ini sebuah pertemuan 5 band yang unik. Kami dari generasi 70’an, 80’an, 90, dan 2000’an bertemu dalam satu pentas festival. Akan menjadi salah satu pertunjukan tak boleh di lewatkan,” kata  Achmad Albar, vokalis God Bless dalam siaran pers tertulisnya, (27/09).

Salah satu pioneer fusion jazz di Indonesia, Karakatau, dibentuk tahun 1984 di Bandung. Kini digawangi Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Pra Budi Dharma dan Tri Utami. Semua personilnya sudah menjadi pemusik kelas internasional dengan segudang prestasi.

Menelurkan sekitar 10 album, saat ini sedang come back dengan album baru dan menggelar konser di kancah musik Indonesia dan dunia. Banyak pengamat musik menyebut bahwa Krakatau band yang berisi banyak maestro musik Indonesia.

Vokalis Trie Utami mengatakan tentang pentas ini,  “Boleh dibilang pentas 5 Supergroup ini akan menjadi kado Indah untuk musik Indonesia dari kami di Krakatau, God Bless, Kahitna, Gigi dan Sheila On 7,”  Katatnya.

Band beraliran pop rock Gigi sejak 1994 meramaikan kancah musik Indonesia dengan lebih dari 20 album. Dimotori empat personel band enerjik Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan dan Gusti Hendy, band ini masih punya penggemar yang kuat. Lagu-lagu seperti “Angan”, “11 Januari”, “Terbang”, “Nirwana” dan “Jomblo” adalah beberapa contoh lagu-lagu yang sukses digemari beragam usia.

“Festival musik ini keren gua bilang sih. Gabungkan 5 band dengan karakter berbeda yang punya hits dan kenangan di fans masing-masing. Mudah-mudahan jadi tontonan berkesan di akhir tahun 2017, “ ujar  vokalis Armand Maulana.

Nama Kahitna adalah jaminan mutu pertunjukan musik saat ini. Keberhasilan band pengusung pop asal Bandung yang lahir ditahun 1986 ini tak lepas dari kepiawaian Yovie Widianto sebagai leader, sekaligus pencipta puluhan lagu yang hits. Sebut saja deretan lagu seperti “Cantik”, “Mantan Terindah”, “Cerita Cinta” dan “Rahasia Cinta”. Dengan vokalis solid mereka Carlo Saba, Hedi Yunus dan Mario, Kahitna berhasil terus berkibar hingga hari ini dengan penonton yang terus bertambah di berbagai lapisan usia.

Menurut Yovie Widianto tentang pentas 5UPERGROUP Live in Concert “Selalu menyenangkan berada dalam satu pertunjukan dengan musisi-musisi yang secara jam terbang dan fan base masih luar biasa mendukung mereka. Semoga ini memicu banyak pentas musik musisi Indonesia lain, “ katanya.

Terakhir adalah Sheila on 7, Band penghasil lagu hits terbanyak lainnya asal Yogyakarta ini  didirikan tahun 1996. Total 10 album telah dipersembahkan Sheila On 7 yang dimotori Eross, Duta, Adam dan Brian. Sheila On 7 tercatat telah meraih lebih dari 70 penghargaan di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Bagi Sheila On 7, mereka merasa terhormat sekali bisa satu panggung dengan God Bless, Krakatau, Gigi dan Kahitna yang menjadi pahlawan musik di Sheila On 7.

Konser kolosal ini diinisiasi oleh XI CREATIVE The Promotor, sebuah forum kerjasama nirlaba alumni (angkatan tahun 1980, 1981 & 1982) SMA XI Bulungan yang sekarang menjadi SMA 70. Selain berkomitmen membuat acara seni yang bagus dan dapat dinikmati serta diapresiasi oleh masyarakat Indonesia, tujuan Promotor menyelenggarakan konser ini adalah untuk mengumpulkan dana bagi guru-guru yang telah berjasa.

Pentas ini diharapkan mengulang sukses yang pernah dibuat pada tahun 2015 yang lalu bertajuk LCLR Plus Concert yang berhasil mendonasikan Rp 500 juta kepada 25 orang guru. Sebuah usaha mulia yang harus kita dukung bersama.

“Pada pentas 5UPERGROUP Live in Concert ini, kami berencana melakukan hal serupa. Mohon doa restu” ucap Kadri Mohamad, selaku salah satu Executive Producer 5UPERGROUP Live in Concert yang juga dikenal sebagai vokalis ini.

Konser spektakuler ini juga melibatkan semua yang terbaik dari bidangnya. Tata suara, tata cahaya, tata panggung dan multimedia yang sangat mumpuni dipercayakan kepada Donny Hardono, dari DSS Sound. Sedangkan nama Oleg Sanchabakhtiar ditunjuk sebagai Creative Director. Konser juga akan menampilkan kolaborasi yang tentunya belum pernah dilakukan sebelumnya.

Konser ini diharapkan mendapat dukungan banyak pihak sebagai rasa bangga pada band-band terbaik yang dimiliki Indonesia. Saatnya kita menghargai karya anak bangsa dan aset seniman yang luar biasa ini dengan membeli tiket konser spektakuler dan kolosal 5UPERGROUP Live in Concert!