Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada hari Senin, 25 November 2013 berkunjung ke San Francisco, California dalam rangkaian perjalanan 3 hari ke Pantai Barat Amerika. Presiden Obama memulai kunjungan ke Pantai Barat Amerika dari Kota Seattle, Washington pada hari Minggu, 24 November 2013 kemarin. Kabari mendapat undangan dari Kantor Kepresidenan Urusan Berita dan Surat Kabar Amerika Serikat (White House Press) untuk meliput kunjungan Presiden Obama di San Francisco.

Pesawat Kepresidenan Air Force One yang membawa rombongan Presiden Amerika Serikat mendarat pada jam 10:38 pagi Pacific Standard Time. Setibanya di Bandar Udara Internasional San Francisco, rombongan langsung menuju ke Betty Ong Recreation Center untuk membicarakan masalah imigrasi.

Kunjungan Presiden Obama di San Francisco diwarnai dengan sebuah demonstrasi di dalam gedung Betty Ong Recreation Center. Para demonstran menuntut Presiden Obama untuk membuat keputusan presiden (executive order), untuk menghentikan deportasi orang-orang yang tidak mempunyai ijin tinggal yang sah.

Pasukan Pengaman Presiden (secret service) sempat menahan dan hendak menggiring keluar, seorang mahasiswa dari UC Berkeley yang berteriak minta tolong kepada Presiden Obama karena keluarganya hendak dideportasi dalam waktu dekat ini. Mahasiswa tersebut berteriak ditengah-tengah pidato Presiden Obama.

“I need your help…my family will be separated on Thanksgiving. Please use your executive order. You have power to stop deportation.”

Saya membutuhkan bantuan Bapak Presiden, keluarga saya akan dipisahkan di hari Thanksgiving. Mohon buatkan keputusan presiden. Anda mempunyai otoritas untuk menghentikan deportasi tersebut. (Redaksi)

Namun tindakan Pasukan Pengaman Presiden tersebut kemudian dicegah oleh Presiden Obama. Para hadirin di dalam gedung pertemuan pun bersorak atas kebaikan hati Presiden Obama, yang memperbolehkan mahasiswa tersebut untuk tinggal di dalam gedung pertemuan sampai acara berakhir.

Presiden Obama kemudian menanggapi keluhan dari mahasiswa tersebut.

“I respect the passion of these young people,”

“But we’re also a nation of laws, that’s our tradition.”

Saya menghargai keresahan anda, akan tetapi kita adalah sebuah negara yang mempunyai peraturan dan itu merupakan sebuah tradisi. (Redaksi)

Pesawat Kepresidenan Amerika Serikat

Setelah menyelesaikan pidatonya, Presiden Obama beserta rombongan bergegas meneruskan kunjungannya ke SF Jazz Center, untuk membicarakan program ekonomi dan kesehatan. Setelah itu, kunjungan dilanjutkan dengan acara

Tech Roundtable di kediaman Marc Benioff’. Benioff adalah direktur utama Salesforce.com, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang cloud computing.

Pada saat kabar ini diturunkan, rombongan kepresidenan telah berangkat menuju Los Angeles, California dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Air Force One. Presiden akan menutup kunjungan 3 hari ke Pantai Barat Amerika, dengan menghadiri acara penggalangan dana yang bertujuan untuk membantu Democratic National Committee mengurangi hutang dan juga mengumpulkan dana untuk anggota dewan dari Democratic Committee.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60220

Untuk melihat artikel Amerika / National lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

jason_yau_lie