Indonesia akan kembali ambil bagian dalam acara Village International Gastronomie  (VIG).  Sejak tahun 2016, Indonesia selalu aktif berpartisipasi di salah satu event terpenting dan terbesar di dunia diplomasi kuliner international di Perancis.

Event VIG didukung penuh oleh President Perancis, Emanuel Macron dan juga disupport oleh Chef Guy Savoie, Chef Perancis terkenal berbintang 3 Michelin,  karena VIG adalah event yang berbeda dari yang lain dan bukan hanya sekedar bazaar yang menampilkan makanan khas dari setiap negara, tetapi juga promosi budaya, ekonomi, politik dan pariwisata lewat gastronomi atau disebut juga. sebagai Gastrodiplomasi. 

“Tahun ini partisipasi Indonesia akan lebih special karena Indonesia bukan hanya hadir di VIG tapi juga tampil sebagai negara kehormatan (Honor Country) di VIG 2022. Ini merupakan suatu pencapaian yang tidak gampang untuk dipilih menjadi Honor Country karena dengan konkrit  inimembuktikan kepercayaan yang tinggi dari pemerintah Perancis atas komitmen Indonesia dalam mempromosikan gastronomi dan produk-produk terbaik Indonesia di Perancis sampai sekarang,” kata  Eka Moncarre, selaku Founder La Maison De L’Indonesie.

La Maison De L’Indonesie sebagai official partner dan koordinator ekslusif VIG tampil dengan menggandeng partner-partner dari Indonesia seperti Arie Aripin, Founder PT Jakarta Coffee Premium dan Pemkab Belitung untuk tampil di acara VIG 2022. Selama 4 hari akan ada full program yang akan menampilkan kuliner Indonesia, Kopi/teh/jamu Indonesia, rempah-rempah dan juga produk-produk wellness, wastra dan wayang dan masih banyak lagi.

“Lokasi pameran VIG 2022 akan diadakan di tempat paling bergengsi di Paris, yaitu Trocadero Garden di depan Eiffel Tower dari tanggal 1-4 september yang akan diikuti oleh 48 negara dimana Indonesia menjadi Honor Country. Tanggal 3 september, akan ada Indonesian Day dimana Indonesia akan mendapat tempat sebesar 250 m2 di VIG untuk membuat showcase khusus Indonesia,” tutur Eka.

Dari Demo masak, coffee workshop sampai fashion runway, ditambah dengan workshop dan talkshow setiap jam dan tidak ketinggalan Wonderful Indonesia Presentation oleh VITO Perancis yang akan mengundang travel-travel agent perancis di VIG, promosi Indonesia di VIG akan full dan menyambung non-stop selama 4 hari karena ini merupakan kesempatan besar yang harus dipergunakan secara maksimal untuk membawa Indonesia maju ke International.  Komunitas Indonesia di Perancis juga mengsupport dengan mempersembahkan tari-tarian nusantara.

Eka mengatakan pengunjung VIG bukan hanya dari Perancis, tetapi juga dari seluruh penjuru dunia karena Paris merupakan kota wisata dengan wisatawan terbesar di dunia, dan ini sangat bagus dan tepat sekali untuk mempromosikan Indonesia di international. Semoga dengan partisipasi Indonesia di VIG 2022 akan membuat Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat !