Bulan April ini masyarakat Amerika Serikat merayakan Earth Day. Apa itu Earth Day? Earth day adalah hari bumi nasional yang dicanangkan oleh pemerintah Amerika Serikat. Dengan kampanye Earth Day diharapkan masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan. Banyak cara dilakukan masyarakat untuk merayakan Earth Day. Misalnya dengan kampanye daur ulang produk bekas dan menghemat energi.

Almarhum Senator Gaylord Nelson, pencetus Earth Daydi Amerika Serikat, mengharapkan dengan adanya hari bumi nasional,masyarakat dapat belajar tentang pelestarian lingkungan. Ia percaya dan melihat adanya sebuah hubungan antara melestarikan kekayaan alam dengan penghematan energi. Dengan memiliki pengetahuan dan dukungan seperti itu, melalui Earth Day, dunia akan memperoleh udara yang lebih segar,air yang lebih bersih, juga cagar alam dan margasatwa yang terpelihara dengan baik.

Rumah tangga merupakan pemakai energi listrikdan air yang cukup besar. Sekitar dua puluh persen dari seluruh pemakaian listrik, dikeluarkan oleh rumah tangga yang umumnya memiliki banyak peralatan rumah tangga berenergi listrik, seperti komputer,mesin cuci, pengering baju, lampu-lampu, mesin cuci piring, kulkas, AC,televisi, DVD player, radio, water heater dan lain-lain.

Menyelamatkan ketersediaan energi bumi sebetulnya bisa dimulai dari rumah tangga,tentu dengan suatu kesadaran dan disiplin. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi pembuangan energi listrik dan air secara percuma.

Pilih dan gunakan peralatan elektronik serta bohlam lampu yang berlabel ENERGY STAR. Menggunakan produk jenis ini, energi dan biaya bisa dihemat sampai 75 persen. ENERGY STAR mampu memancarkan cahaya (bagi lampu) yang jauh lebih efisien dan merata.

Alat-alat rumah tangga berlabel ENERGY STAR tidak saja pada lampu, masih banyak lainnya, seperti kompor gas, waterheater, dan oven. Maksud dari label yang biasanya ditempel di produkini, adalah menyediakan perkiraan kalkulasi berapa banyak konsumsi dan efisiensi energi dari produk-produk tersebut. Selain itu menunjukkan perbedaan jumlah konsumsi dan efisiensi dibanding produk yang sama berlabel lain.

Toilet berlabel WaterSense milik EPA (EnvironmentalProtection Agency), misalnya, pemakaian airnya hanya 1.3 galon. Lebih hemat 20 persen dari standar pemerintah Federal AS. Dan, 60 persen lebih irit dari toilet-toilet yang diproduksi sebelum tahun 1992.

Mulailah kebiasaan mendaur ulang di rumah. Misalnya taruh tong khusus untuk sampah daur ulang. Daur ulanglah produk-produk yang berkemasan kaleng,botol plastik, botol gelas, kardus, kertas, serta kemasan-kemasan sabun, shampo, kondisioner, odol, deodoran, make-up, serta obat-obat yang dijual.

Barang-barang seperti baju bekas, mainan anakyang tidak terpakai, alat elektronik yang sudah jelek tapi masih berfungsi seperti handphone, telepon, radio, TV, mesin DVD, jangan dibuang, lebih baik disumbangkan.

Bumi membutuhkan waktu ratusan tahun untuk mengurai sampah plastik sepertitas plastik kresek. Nah, untuk mengurangi pembuangan tas plastik kresek, beli dan pakai tas-tas khusus yang terbuat dari kain atau serat alami. Sekarang sudah tersedia di banyak supermarket atau drugstores.Jika belum punya, minta karyawan supermarket untuk menyediakan tas belanja yang terbuat dari kertas karton alias paperbag.

Harga dari Penghematan

Dengan cara mengganti lima peralatan lampu utama dengan model label ENERGY STAR pada setiap rumah di AS, maka mencegah pengeluaran gas-gas rumah hijau(greenhouse gases) kurang lebih sama dengan pengeluaran gas 10 juta mobil.

Jika setiap rumah di Amerika Serikat menginstalasikeran atau ujung aerator keran berlabel WaterSense, maka air yang bisa dihemat mencapai 60 milyar gallon air setiap tahunnya.

Memasang dan menggunakan toilet yang berefisiensi tinggi dapat menyelamatkan keluarga beranggotakan empat orang, kira-kira sejumlah $1,000 untuk sepuluh tahun kedepan.

Ingin tahu lebih banyak ? Kunjungi situs www.earthday.net dan www.epa.gov (Inna)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31179

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari April 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Photobucket

Lebih dari 100 Perusahaan Asuransi di California.

Asuransi Mobil, Kesehataan, Gigi, Bisnis, Jiwa.

Bisa dapat Premium Online Sekarang…..

Klik www.GreatPremium.com Sekarang

Telpon 1-800 281 4134            Email  Info@thinkapril.com