Pada hari libur tentu semua anggota keluarga akan bebas dari kegiatan rutin setiap harinya. Para ayah juga bebas dari pekerjaan kantor, karena hari Minggu adalah hari keluarga. Anak-anak juga pasti tidak sabar menunggu hari Minggu, karena di akhir pekan inilah mereka juga bebas dari kegiatan sekolah. Mungkin yang agak sedikit sibuk adalah para ibu, karena setiap akhir pekan tiba, ibu berusaha membuat hidangan khusus untuk dinikmati bersama keluarga.

Tapi libur kali ini bisa dibuat agak berbeda. Jika biasanya Anda dan keluarga menghabiskan liburan dengan bermalasan (istirahat), nonton televisi bersama keluarga atau makan malam istimewa dirumah, kini Anda bisa mencoba menghabiskan libur akhir pekan dengan bersenang-senang diluar rumah.

Lalu kemanakah Anda akan mengajak anak-anak berlibur? Permintaan anak-anak untuk liburan saja sudah buat pusing, namun Anda tidak bisa menolak karena rasa sayang terhadap anak. Tapi terkadang ada kendala yang tak kalah penting , dan terpaksa harus menolak karena pengeluaran bulanan sedang naik. Bagaimana mengatasinya?

Berlibur tidak melulu harus membayar mahal dan mengeluarkan banyak uang. Anda harus bisa menciptakan liburan hemat bersama keluarga. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar Anda dan keluarga bisa menikmati liburan yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

1. Anda harus mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk merencanakan liburan bersama keluarga. Semakin lama Anda mempersiapkan liburan maka akan semakin baik liburan Anda. Dimulai dengan menyisihkan uang sisa belanja misalnya. Cara ini bisa dicoba sebagai permulaan untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit dana untuk liburan bulan depan. Beri pengertian juga pada anak agar tidak terlalu banyak permintaan saat berlibur.

2. Pilihlah paket liburan yang banyak ditawarkan oleh agen travel. Mereka biasanya akan menawarkan harga yang lebih murah untuk semua paket wisata. Jangan lupa juga untuk mencari keterangan tentang semua hal yang berkaitan dengan tempat yang akan Anda kunjungi. Catat semua pengeluaran dana seperti biaya transportasi, tiket masuk tempat rekreasi dan juga akomodasi selama berada di sana.

3. Cari promo-promo untuk transportasi dan akomodasi. Banyak situs internet yang menawarkan paket menarik. Tapi jangan langsung percaya dengan promo menarik dari dunia maya, Anda harus berhati-hati saat memilih agar terhindar dari penipuan.

4. Anda punya keluarga atau kerabat yang tinggal di dekat lokasi wisata yang akan Anda tuju? Anda bisa memanfaatkannya untuk menghemat biaya. Sembari kunjungan Anda bisa mampir sekaligus berwisata.

5. Pilihlah tempat wisata yang tidak sekedar bagus dan terkenal, tapi juga ada objek wisata lainnya yang bisa dinikmati sehingga Anda dan keluarga tidak sia-sia saat mengunjunginya. Jangan sampai saat Anda masuk ke dalam tempat rekreasi dan sudah bayar mahal tapi anak-anak Anda tidak menikmati liburan mereka.

6. Carilah tempat makan yang nyaman dan harganya terjangkau. Juga perlu menjaga kondisi anak-anak selama liburan. Jangan sampai karena menghemat uang, Anda membuat mereka kelaparan. Bawalah makanan kecil dari rumah untuk menghemat uang jajan mereka selama liburan itu.  Usahakan mencari tempat makan diluar tempat wisata, karena harga makanan didalam sangatlah mahal. Dengan begitu liburan hemat Anda dan kelurga bisa berjalan lancar. Selamat berlibur! (1001)