Dengan kondisi seperti ini, rencana liburan keluar kota bisa jadi berantakan. Cemas jika harus menginap di hotel, bertemu banyak orang, terutama berpikir apakah terjaga kebersihannya dan apakah patuh protokoler kesehatan. Apalagi sedang mengirit pengeluaran. Tapi bukan berarti kita tak bisa bersantai. Dalam rumah pun kita bisa sulap menjadi tempat liburan bersama keluarga.

Piknik atau Kemping
Di dalam rumah? Kenapa tidak. Kalau memiliki halaman rumah, bisa juga di halaman. Rencanakan seperti piknik di pegunungan atau di pantai. Lengkap dengan kostum sesuai tema. Lalu gelar tikar dan makan bersama. Sambil bermain bersama anak-anak. Sedangkan kalau kemping, persiapan mendirikan tenda, nyalakan lentera, tidur bersama di dalam tenda ditemani efek suara jangkrik. Serasa kemping beneran.

Movie night
Pilih film untuk keluarga, sewa DVD atau memilih dari Netflix, lalu tonton bersama. Sediakan pop corn, camilan dan minuman yang sama seperti saat kita nonton di bioskop. Saat mempersiapkan, kita bisa ajak anak-anak untuk berkreasi menggambar, menggunting, membuat tiket bioskop. Ingin lebih seru lagi, pilih baju sesuai tema film yang akan kita tonton. Layaknya dress code jika kita mendapat undangan menonton pemutaran film perdana.

Ajang Adu Bakat
Mari bermain adu bakat. Persiapkan anak-anak untuk menggali bakat mereka. Misalnya bernyanyi, menari, membaca puisi, menggambar. Lalu buatlah panggung dan ajak mereka manggung memperlihatkan bakatnya. Jangan lupa siapkan juga hadiah kecil untuk mereka. Orang tua menjadi juri dan membantu menyiapkan kostum serta panggung.

Mendaki
Hiking, salah satu kegiatan luar yang bisa kita jalankan dengan aman dan menyenangkan. Sambil menghirup udara segar dan menikmati pemandangan alam. Sekaligus berolahraga. Kita pun dapat beristirahat sejenak dari masker, kecuali jika berpapasan dan berada di rest area.

Liburan Tanpa Telepon
Jangan lupa, istirahatkan dulu telepon genggam. Liburan adalah waktunya bersantai bersama keluarga. Gunakan telepon genggam hanya untuk memotret atau memotretlah dengan kamera digital. Meski hanya liburan di rumah tapi perlakukan seperti berlibur di tempat favorit kita. Bukankah terkadang tempat kita berlibur tak ada sinyal.