Setelah menerapkan lockdown, bagian New York AS akan memulai kembali aktivitas ekonominya secara bertahap.

“Strateginya pertama membuka kembali sektor konstruksi dan manufaktur, dan tahap kedua akan mengevaluasi bisnis berdasarkan kasus per kasus, tergantung pada seberapa penting mereka,” kata Gubernur Andrew Cuomo.

Akan ada dua minggu di antara setiap fase untuk memantau efek pembukaan kembali dan memastikan tingkat rawat inap dan infeksi tidak meningkat.

“Satu peringatan adalah Anda tidak dapat melakukan apa pun di wilayah mana pun yang akan meningkatkan jumlah pengunjung ke wilayah itu,” kata gubernur.

Cuomo tidak memberikan tanggal spesifik untuk penerapan strategi itu, tetapi mengatakan sebagian negara bagian dapat mulai membuka kembali secepatnya pada 15 Mei.

Wilayah yang akan mungkin dibuka lebih cepat adalah New York bagian utara, tempat infeksi Covid-19 relatif rendah di negara bagian tersebut.

Pembukaan kembali di kota New York yang paling terpukul, Nassau dan Westchester, akan lebih rumit dan membutuhkan koordinasi regional.

“Koordinasi multi-negara bagian sangat penting di sana karena wilayah New Jersey, Connecticut, New York City pada dasarnya sangat saling bercampur,” kata Cuomo. “Orang-orang pergi dan datang, mereka tinggal di satu tempat, bekerja di tempat lain, sehingga koordinasi itu penting.”

Negara bagian New York terus alami tren penurunan total rawat inap dan intubasi bersih, dan kematian perhari turun 367 pada hari Sabtu.

Dia juga mengatakan tingkat infeksi menurun menjadi 0,8 di negara bagian, merujuk pada situasi di mana 10 orang positif menginfeksi sekitar delapan orang lainnya.

“Kita harus menjaga tingkat di bawah 1 untuk terus memperlambat penyebaran,” kata Cuomo.