Belum lama ini, Louis Vuitton (LV) menggelar pameran terbarunya di Beverly Hills, Los Angeles. Dengan mengambil judul Louis Vuitton X, publik diajak untuk mengunjungi instalasi fashion mewah yang terbagi dalam sepuluh ruangan yang masing-masing dirancang dengan tema khusus. Pameran kali ini menampilkan lebih dari 180 item yang diambil dari arsip dan skenografi Louis Vuitton yang berhubungan dengan sejarah ikon perusahaan fashion raksasa tersebut.

Louis Vuitton X diselenggarakan dengan tujuan utama untuk merayakan 160 tahun sejarah kolaborasi rumah mode asal Perancis tersebut dengan desainer kenamaan, seperti Marc Jacobs, Kim Jones, dan masih banyak lagi. Meski mengangkat momen-momen nostalgia, pameran tersebut dirancang dengan konsep kekinian yang interaktif dan menampilkan sejumlah digital experience. Instalasi fashion ini juga menampilkan sederet koleksi tas Monogram ikon Louis Vuitton yang dirancang ulang oleh seniman dan desainer terkenal seperti Karl Lagerfeld, Zaha Hadid, Frank Gehry, Rei Kawakubo, Cindy Sherman dan sederet desainer kenamaan lainnya. Ruang-ruang yang didedikasikan untuk direktur artistik Louis Vuitton, Nicolas Ghesquière dan Virgil Abloh, menjadi daya tarik tersendiri dalam pameran kali ini. Sorotan lain dari pameran ini adalah koleksi Artycapucines terbaru LV, sebuah proyek kolaborasi dengan enam seniman kontemporer ternama, seperti Sam Falls, Urs Fischer, Nicholas Hlobo, Alex Israel, Tschabalala Self dan Jonas Wood.

Kolaborasi LV dengan Eko Nugroho

Kreativitas insan Indonesia juga terwakili dalam instalasi kali ini melalui sebuah scarf LV (edisi terbatas) rancangan Eko Nugroho. Inspirasi lukisan yang terpampang menggabungkan berbagai unsur Indonesia yang esensi dari barat sampai ke timur, utara sampai ke selatan. Sementara itu, keragaman hayati dan budaya ditampilkan lewat berbagai warna dalam satu komposisi. Desain karya seniman asal Jogjakarta tersebut juga menampilkan motif Candi Borobudur di belakang motif tersebut, juga adanya ide gunungan yang direpresentasikan dalam wujud kerucut-kerucut di sekitar gambar utama.

Bagi pengunjung yang ingin berbelanja, pihak LV telah menyediakan sebuah toko pop-up yang menampilkan beragam produk yang dikuratori oleh Sarah Andelman. Toko ini juga menawarkan produk-produk LV yang siap pakai, aksesoris, sepatu, wewangian, barang-barang kulit, Objets Nomades dan juga buku-buku.

Louis Vuitton X dan toko pop-up eksklusif tersebut terbuka untuk umum hingga 10 November 2019 di 468 N. Rodeo Drive, Beverly Hills (USA).