KabariNews – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) siap melindungi MJ, saksi kunci terbunuhnya Akseyna Ahad Dori, mahasiswa Biologi UI. “Sesuai dengan amanat UU Perlindungan Saksi dan Korban, LPSK siap melindungi saksi kunci tersebut”, ujar Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai seperti dilansir dari siaran pers LPSK, Senin, (8/6).

LPSK yakin keterangan yang diberikan MJ bisa membantu polisi dalam mengungkap tindak pidana yang menimpa korban. Terkait dengan keamanan saksi, LPSK siap memberikan pengamanan dan pemenuhan hak lain sesuai dengan yang diatur UU Perlindungan Saksi dan Korban. “Semua itu untuk kenyamanan saksi sehingga bisa memberikan keterangan kepada penyidik tanpa tekanan. Ini penting, agar keterangan yang diberikan pun sesuai dengan yang saksi ketahui”, jelas Semendawai.

Meninggalnya Akseyna sendiri oleh Kepolisian sudah disimpulkan akibat dari pembunuhan, kasusnya saat ini naik ke tingkat penyidikan. Polda Metro Jaya pada 2 Juni lalu membentuk Satgas yang dipimpin Kapolres Depok untuk kasus Akseyna. Hasil otopsi, ditemukan beberapa luka memar pada tubuh Akseyna. Adanya luka memar ini sendiri menunjukan adanya penyiksaan berat kepada korban. “Pada UU Perlindungan Saksi dan Korban yang baru, UU 31 tahun 2014, salah satu tindak pidana yang saksi dan korbannya mendapat prioritas perlindungan adalah tindak pidana penyiksaan. Atas dasar ini maka MJ sangat dimungkinkan untuk dilindungi”, jelas Semendawai.

LPSK mendukung langkah pihak UI yang memindahkan MJ ke Asrama UI. Selanjutnya LPSK siap membantu UI dan Kepolisian dalam perlindungan kepada MJ. “Kami berharap pihak UI maupun Polres Depok mau menyampaikan permohonan perlindungan untuk MJ kepada LPSK”, pungkas Semendawai.(1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77702

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Allan Samson

 

 

 

 

kabari store pic 1