Prestasi kembali diukir mahasiswa Indonesia di Amerika. Melalui kontes robot internasional yang diadakan di Amerika Serikat, sejumlah mahasiswa Indonesia berhasil mengalahkan 130 kontestan dari Amerika, China, Israel dan berbagai negara lain.

Para mahasiswa perwakilan dari ITB, ITTelkom dan Unikom berhasil mengukir prestasi di Amerika dalam lomba Robot Cerdas, Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC), yang digelar di Trinity Collage, Hartforg, Connecticut, AS.

Dari tiga universitas itu mengirim 16 mahasiswa, dan mereka berhasil membawa 8 medali ke Tanah Air. Indonesia berhasil menyabet juara satu dan dua untuk kategori robot pemadam api divisi beroda dari ITTelkom, sedangkan juara ketiga diraih oleh mahasiswa asal AS.

Candra Herdianto, salah satu mahasiswa perwakilan Indonesia mengaku bangga dengan prestasi ini. Ia pun tak segan berbagi cerita tentang keunggulan robot yang memenangkan tim Indonesia. “Ini robot fire fighting kategori beroda. Robot pemadam api tapi alat geraknya roda. Kontrol dibuat sesimpel mungkin, jadi robot terlihat lebih lincah,” katanya.

Di kategori robot cerdas pemadam api berkaki, tim Indonesia lebih membanggakan lagi, pasalnya juara 1, 2 dan 3 disabet tim Indonesia. Juara satu dan dua diraih mahasiswa dari ITTelkom, sedangkan juara tiga diduduki oleh ITB

Robot pemadam api berkaki memang tidak secepat robot yang satunya karena tidak menunggunakan roda, tapi jangan salah robot ini punya keunggulan tersendiri, yaitu jik berhasil robot akan berjoget-joget tanda api sudah bisa dipadamkan. “Robot ini memadamkan api dengan angin. Roda diandalkan di medan mulus, tapi medan berbatu pun dia bisa memanjat” paparnya.

Untuk robot pemadam kaki ini pergerakannya memang tidak secepat roda. Namun robot tersebut bisa berekspresi dengan berjoget-joget jika berhasil memadamkan api. “Robot ini memadamkan dengan angin. Roda diandalkan di medan mulus, tapi medan berbatu butuh yang berkaki biar bisa memanjat,” jelasnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?38015

Untuk melihat artikel Pendidikan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :