Kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang mendukung fungsi kekebalan tubuh, penyembuhan luka, dan penyerapan zat besi.

Dua buah kiwi hijau atau satu buah kiwi SunGold saja sudah cukup untuk memenuhi rekomendasi vitamin C harian bagi sebagian besar orang dewasa. Menurut sebuah penelitian kecil yang diterbitkan di the jurnal Foods, Kiwi aman untuk dikonsumsi setiap hari, dan buah-buahan ini dapat menggantikan kebutuhan akan suplementasi vitamin C.

Para peneliti menemukan bahwa gula alami dalam buah ini tidak cukup tinggi untuk meningkatkan risiko kesehatan jangka panjang

“Jika masyarakat menyukai rasa kiwi atau penasaran untuk memasukkannya ke dalam menu makanannya, mereka tidak perlu ragu untuk rutin mengonsumsinya, kecuali mereka memiliki alergi,” kata Emma Laing, PhD, RDN, direktur dietetika di University of Georgia, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Rekomendasi Vitamin C

Pria (usia 19+) membutuhkan 90 mg vitamin C per hari, dan wanita (usia 19+) membutuhkan 75 mg. Rekomendasi ini meningkat bagi orang-orang yang sedang hamil, menyusui, dan mereka yang merokok.

Suplemen vitamin C dipasarkan sebagai penambah kekebalan tubuh, namun tidak banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang akan mendapat manfaat dari mengonsumsi vitamin C setiap hari.

Sebuah tinjauan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa dosis harian 200 mg vitamin dapat mengurangi keparahan dan durasi pilek, namun jumlah tersebut tidak berpengaruh apa pun dalam menurunkan kemungkinan terkena flu.

Bahkan jika Anda mengonsumsi vitamin C setiap hari, sel-sel Anda tidak mempertahankan vitamin ini dan penyerapannya menurun setelah jaringan Anda jenuh dengannya. Mengkonsumsi lebih dari 1.000 mg vitamin C per hari mengurangi tingkat penyerapan hingga 50%.

“Ginjal bekerja untuk mengeluarkan kelebihan vitamin C ke dalam urin yang tidak digunakan oleh sel,” kata Laing.

“Mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari melebihi kebutuhan tubuh tidak memberikan manfaat kesehatan, karena tambahan vitamin C tidak akan terpakai dan akan dibuang ke toilet.”

Mengonsumsi vitamin C dalam dosis besar tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Namun, dosis di atas 2.000 mg dapat menyebabkan gangguan pencernaan, diare, atau kram perut.

Tubuh menyerap vitamin C dengan cara yang sama baik dari suplemen atau kiwi,1 namun sebagian besar ahli nutrisi menyarankan untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari sumber makanan dibandingkan suplemen makanan.

Manfaat Kiwi Bagi Kesehatan

Karena kiwi mengandung nutrisi lebih dari sekadar vitamin C, mengonsumsi buah-buahan ini juga memberikan manfaat yang tidak dapat diberikan oleh suplemen saja.

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu menemukan bahwa makan dua buah kiwi sehari juga dapat membantu mengatasi sembelit, kemungkinan besar karena kandungan serat dalam buah tersebut.

“Kiwi memiliki banyak vitamin C ditambah senyawa menyehatkan lainnya yang tidak dapat ditandingi oleh suplemen tunggal, seperti antioksidan, potasium, dan serat lainnya,” kata Laing.

“Memastikan Anda mencapai jumlah asupan vitamin C harian yang disarankan juga dapat mendukung kekebalan tubuh, terutama selama bulan-bulan musim dingin ketika virus menyebar lebih mudah,” kata Dawn Earnesty, PhD, RDN, ahli diet terdaftar dan spesialis ekstensi senior di Michigan State University.

Satu buah kiwi mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan satu buah jeruk. Dua buah kiwi mengandung sekitar 120 mg vitamin C, lebih tinggi dari nilai harian yang direkomendasikan. Mengonsumsi kiwi bisa menjadi cara untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda, namun mengonsumsi kiwi saja tidak cukup untuk mencegah penyakit.

“Tingkat olahraga, asupan air, tingkat stres, dan faktor-faktor lain juga memengaruhi kekebalan kita,” kata Earnesty .
Selain pola makan, olahraga teratur dan tidur yang cukup juga penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Earnesty mengatakan meskipun buah kiwi dapat memberikan sepotong teka-teki yang dibutuhkan setiap hari, namun tanpa potongan lain dari teka-teki tersebut, kekebalan Anda mungkin masih belum 100%.

Sumber foto: Mareefe / Pexels.com

Baca Juga: